Analisis Model Howard Seth Pada Perilaku Nasabah Di Bank BRISyariah KCP Genteng Banyuwangi.

Kholifah, Siti (2018) Analisis Model Howard Seth Pada Perilaku Nasabah Di Bank BRISyariah KCP Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Kholifah_083143014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi Kegiatan ekonomi yang semakin berkembang menyebabkan masyarakat membutuhkan suatu pendanaan atau fasilitas penyediaan dana dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. Untuk menunjang terpenuhinya kebutuhan ekonomi bagi sebagian besar masyarakat, membuka peluang bagi Bank BRISyariah untuk memperkenalkan produk Pendanaan Tabungan Faedah. Namun ada beberapa penyebab yang menjadi penghalang laju pertumbuhan dan menjadi perhatin khusus dalam memperbesar market sharenya, Bank Syariah harus pandai dalam menonjolkan apa kelebihan dan kekurangan di mata masyarakat sehingga tercipta Bank Syariah yang jujur dan amanah. Dengan adanya faktor perilaku nasabah pastinya akan menjadi target dalam promosi Bank BRISyariah dengan analisis menggunakan Model Howard Seth lebih tepatnya lagi perilaku nasabah disini adanya hubungan yang sangat erat dengan Model Howard Seth. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja faktor perilaku pembelian terhadap produk Bank Syariah pada Bank BRISyariah KCP Genteng? 2) Bagaimana analisis faktor perilaku pembelian terhadap produk Bank Syariah dalam Model Howard Seth pada Bank BRISyariah KCP Genteng? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor perilaku pembelian terhadap produk Bank Syariah pada Bank BRISyariah KCP Genteng. 2) Untuk mengetahui analisis faktor perilaku pembelian terhadap produk Bank Syariah dalam Model Howard Seth pada Bank BRISyariah KCP Genteng. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Faktor perilaku pembelian terhadap produk Tabungan Faedah di Bank BRISyariah yakni faktor kebudayaan, faktor kelas sosial, faktor pengalaman. Namun yang paling menonjol adalah faktor kebudayaan. 2) Analisis dari faktor perilaku pembelian pada produk tabungan faedah di Bank BRISyariah dalam menggunakan Model Howard Seth. Ada empat elemen pokok yakni : Bahan/input, proses intern,hasil/output, pengaruh eksogen. Dalam empat elemen pokok tersbebut Bank BRISyariah menggunakan pemasaran yakni personal selling penawaran secara langsung kepada nasbah sehingga dapat langsung membujuk, dan dari media sosial juga bisa, face to face. Setelah itu maka nasabah bisa mengamati dari apa yang ia inginkan setelah mengamati dari penjelasan pihak Bank tersebut dan selanjutnya nasabah memutuskan untuk membeli dan berminat pada produk tersebut dan yang terakhir pengaruh eksogen tabungan faedah sangat murah, nyaman dan saat pendaftaran tidak di pungut biaya tabungannya juga tidak ada potongan sama sekali jadi, disini tidak mengkhawatirkan nasabah pada status keuangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:25
Last Modified: 03 Apr 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21598

Actions (login required)

View Item View Item