Upaya Pembinaan Kemampuan Motorik Halus Di Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Sya'adah, Siti Khotimatus (2019) Upaya Pembinaan Kemampuan Motorik Halus Di Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Khotimatus Sya’adah_T201511030.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masalah yang melatar belakangi dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak di Raudlatul Athfal Al Barokah masih kurang maksimal pada saat menulis pada buku kotak, mewarnai, menempel pola, menggunting. Terlihat pada saat kegiatan mewarnai masih banyak anak didik yang belum mampu menggunakan koordinasi mata dan tangan secara bersamaan karena kemampuan motorik halus anak tidak dapat berkembang begitu saja, tetapi harus di stimulasi agar lebih optimal. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak yaitu dengan kegiatan kolase. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja upaya pembinaan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase di Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Apa faktor penghambat dan solusi pelaksanaan kegiatan kolase dalam pembinaan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase di kelompok B Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya pembinaan kemampuan motorik halus dan mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi pelaksanaan kegiatan kolase dalam upaya pembinaan kemampuan motorik halus di Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2018/2019. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yang menganilisis upaya pembinaan kemampuan motorik halus di Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2018/2019. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi ,wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1).Upaya pembinaan kemampuan motorik halus di Raudlatul Athfal Al-Barokah Sruni Jenggawah kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019 yaitu melalui kegiatan kolase dengan langkah- langkah yaitu menentukan tema, menyediakan bahan ajar, mengkondisikan anak dalam bentuk lingkaran, memberikan arahan tentang bagaimana cara merobek kertas, memasang lem atau perekat, dan menempelkannya, memberikan kesempatan langsung pada anak untuk mencoba melakukan kegiatan kolase sesuai dengan kemampuan yang di miliki anak dan melaksanakan evaluasi untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak. 2).Faktor penghambat dan solusi dalam pelaksanaan kegiatan kolase untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B Raudlatul Athfal Al-Barokah Sruni Jenggawah kabupaten Jember dapat di simpulkan sebagai berikut bahan yang digunakan untuk kegiatan kolase menggunakan lem perekat yang bersifat cair/kenyal, terbatasnya jumlah lap sapu tangan. Solusinya guru menyediakan stik es krim, guru menyediakan lap sapu tangan sesuai jumlah anak didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:25
Last Modified: 03 Apr 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21602

Actions (login required)

View Item View Item