Purwaningsih, Ms. (2019) Strategi Peningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak melalui Bercerita dengan Papan Flanel di Raudatul Atfal Bahrul Ulum Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. PURWANINGSIH_T201511085.pdf Download (6MB) |
Abstract
Salah satu aspek yang tidak kalah penting bagi PIAUD adalah kemampuan berbahasa. Setiap orang khususnya anak-anak butuhkan komunikasi untuk menyampaikan keinginan dan apa yang dirasakannya. Kemampuan bahasa pada anak akan mengantarkan anak untuk berkomunikasi lebih baik dengan orang lain. Bahasa salah satu prasyarat dalam kemampuan berpikir karena keduanya berkembang bersama. Latar belakang pada penelitian ini adalah kemampuan berbahasa anak kelompok B Raudatul Atfal Bahrul Ulum belum bias menggunakan bahasa dengan tepat, penggunaan bahasa yang dipergunakan anak masih dicampur dengan bahasa daerah. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan bagaimana Kegiatan bercerita melalui papan flanel dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak, dengan menggunakan strategi yang berbeda dalam setiap pertemuan? 2) Mendiskripsikan bagaimanakah kemampuan bahasa anak dapat meningkat melalui bercerita dengan papan flanel di Raudatul Atfal Bahrul Ulum Jember. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan proses bercerita dengan papan flanel untuk meningkatkan kemampuan perkembangan berbahasa dan sejauh mana penggunaan papana flannel dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak keompok B TK Barul Ulum Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan komunikasi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas anak selama kegiatan menyimak cerita, bercerita kembali secara sederhana dan pengenalan huruf , wawancara dilakukan dengan guru dan kepala sekolah sejauh mana keberhasilan bercerita dengan papan flanel. Berdasarkan hasil observasi awal/prasiklus penelitian mencapai 33%. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I mencapai 66%. Oleh sebab itu, siklus I dilanjutkan pada siklus II, dengan melakukan perubahan-perubahan pada srategi bercerita diketahui siklus II pada tatap muka ke dua perkembangan anak pada indicator satu mencapai 78%, dua indikator yang lain mencapai 89%, terlihat hasil perkembangan anak memenuhi standar kriteria kesuksesan yakni 75%. Oleh karena itu, siklus dihentikan. Hal ini berarti bercerita dengan papan flanel dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B RA Bahrul Ulum Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 07:25 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 07:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21604 |
Actions (login required)
View Item |