Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 19 Ma’arif Al Qurnaini - Sukorejo Bangsalsari Jember

Warda, Ms. (2017) Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 19 Ma’arif Al Qurnaini - Sukorejo Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Warda_084128028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peran manajerial kepala sekolah lebih menitikberatkan pada upaya pengelolaan manajemen sekolah dan pemberdayaan personel sekolah untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara optimal, peran kepala sekolah berpengaruh besar terhadap efektifitas sekolah dan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, ia harus mampu mendinamisasikan organisasi melalui kompetensinya sebagai manajer pendidikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana peran manajerial kepala sekolah memberdayakan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan, 2). Bagaimana peran manajerial kepala sekolah meningkatkan potensi dan profesi tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan, 3). Bagaimana peran manajerial kepala sekolah mengembangkan staf dalam meningkatkan mutu pendidikan, 4). Bagaimana peran manajerial kepala sekolah melibatkan stakeholder dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk: 1). Mendeskripsikan peran manajerial kepala sekolah memberdayakan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan, 2). Mendeskripsikan peran manajerial kepala sekolah meningkatkan potensi dan profesi tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan, 3). Mendeskripsikan peran manajerial kepala sekolah mengembangkan staf dalam meningkatkan mutu pendidikan, 4). Mendeskripsikan peran manajerial kepala sekolah melibatkan stakeholder dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case studies). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: 1).Wawancara, 2).Observasi, dan 3).Dokumentasi. Data diambil melalui teknik purposive sampling. Adapun informan yang diambil dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan beberapa orang yang terlibat. Sedangkan analisis data secara sistematis dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP 19 Ma’arif Al Qurnaini Sukorejo Bangsalsari Jember melalui adanya pemberdayaan tenaga pendidik yang dilakukan oleh kepala sekolah, dalam peran manajerialnya kepala sekolah lebih menitikberatkan pada kemampuan personalitas, artinya kepala sekolah lebih selektif menentukan guru dan dipercayakan secara tepat akan dapat melakukan dan menyelesaikan pekerjaan tertentu dengan baik dan tepat waktu, agar program sekolah IX digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id dapat berjalan dengan efektif dan efisien yang secara tidak langsung hal ini juga pasti akan berimplikasi terhadap mutu pendidikan itu sendiri. Adapun mengenai peningkatan potensi dan profesi tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan upaya yang dilakukan adalah dengan semaksimal mungkin dan diprogramkan secara periodik akan tetapi terkendala berbagai faktor internal maupun eksternal sekolah, sehingga harus menyesuaikan skala prioritas, agar tidak terjadi tumpang tindih antara kemauan dan kebutuhan sekolah. Dalam upaya mengembangkan staf dalam meningkatkan mutu pendidikan terus diupayakan dan dilakukan oleh kepala sekolah, akan tetapi hal tersebut harus dilakukan secara berkala sesuai dengan skala prioritas. Keterlibatan stakeholder dalam meningkatkan mutu pendidikan, Hal ini tampak terlihat dari beberapa aspek atau komponen pendukung dan stakeholder sekolah yang saling bersinergi. Selain itu, kehadiran SMP 19 Ma’arif Al Qurnaini sebagai sekolah formal berbasis pondok pesantren turut serta menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat jika dilihat dari aspek sosial. Suksesnya visi misi dan tujuan pendidikan di SMP 19 Ma’arif Al Qurnaini juga tidak terlepas dari partisipasi dan komitmen masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:25
Last Modified: 03 Apr 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21607

Actions (login required)

View Item View Item