Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Rutin Tahlilan Pada Kelompok Jamaah Tahlil di Dusun Rejoagung RT 02 RW 01, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi

Setiawan, Muklas (2017) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Rutin Tahlilan Pada Kelompok Jamaah Tahlil di Dusun Rejoagung RT 02 RW 01, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muklas Setiawan_084121006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam adalah sebuah upaya penanaman nilai-nilai agama Islam seperti nilai aqidah, nilai ibadah, nilai akhlak, dengan tujuan untuk dihayati dan diyakini dan diamalkan dalam kehidupan sehari- hari. Penanaman nilai agama Islam tersebut didasarkan pada pesatnya penganut agama Islam baik dalam lingkup kota hingga pelosok desa sehingga dibutuhkan keilmuan yang cukup untuk meningkatkan kualitas umat Islam. Berdasarkan konteks penelitian tersebut diatas, maka fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Aqidah melalui kegiatan rutin tahlilan pada kelompok jamaah tahlil di dusun Rejoagung RT 02 RW 01, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi ? 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Ibadah melalui kegiatan rutin tahlilan pada kelompok jamaah tahlil di dusun Rejoagung RT 02 RW 01, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi ? 3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Akhlak melalui kegiatan rutin tahlilan pada kelompok jamaah tahlil di dusun Rejoagung RT 02 RW 01, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Aqidah melalui kegiatan rutin tahlilan pada kelompok jamaah tahlil di dusun Rejoagung RT 02 RW 01, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, 2) Menjelaskan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Ibadah melalui kegiatan rutin tahlilan pada kelompok jamaah tahlil di dusun Rejoagung RT 02 RW 01, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, 3) Menjelaskan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Akhlak melalui kegiatan rutin tahlilan pada kelompok jamaah tahlil di dusun Rejoagung RT 02 RW 01, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi. Untuk mencapai tujuan internalisasi pendidikan aqidah, ibadah maupun akhlak maka pendekatan yang digunakan adalah Kualitatif, jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, internalisasi nilai-nilai pendidikan aqidah dilakukan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, sikap dan tauladan setiap hari yang dilakukan oleh tokoh kyai dan pemimpin jamaah, materi yang disampaikan terkait dengan rukun iman dan tema-tema aqidah lebih jarang disampaikan daripada tema-tema akhlak dan ibadah. Kedua, internalisasi nilai- nilai pendidikan ibadah dilakukan dalam bentuk ceramah, tanya jawab,sikap dan tauladan setiap hari yang dilakukan oleh tokoh kyai dan pemimpin jamaah, materi yang disampaikan mengenai ibadah rukun Islam, shodaqoh, rumah tangga, jual beli bertetangga yang baik serta tema-tema yang terkait dengan agenda-agenda Islam setiap tahunnya. Ketiga, internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dilakukan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, sikap dan tauladan setiap hari yang dilakukan oleh tokoh kyai dan pemimpin jamaah. Tema-tema yang disampaikan terkait dengan akhlak kepada Allah dan akhlak kepada Makhluk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:26
Last Modified: 03 Apr 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21609

Actions (login required)

View Item View Item