Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kolase Pada Kelompok B Di Ra Purwanida 9 Tamansari Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Hariyat, Novi (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kolase Pada Kelompok B Di Ra Purwanida 9 Tamansari Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NOVI HARIYAT _T201511121.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode Kolase adalah merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan bahan yang bermacam-macam selama bahan dasar tersebut dapat dipadukan dengan bahan dasar lain yang akhirnya dapat menyatu menjadi karya yang utuh dan dapat mewakili ungkapan perasaan estetis orang yang membuatnya. Fokus penelitian a) Bagaimana kegiatan kolase (membuat pola gambar) dalam meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini pada kelompok B di RA Perwanida 9 Tamansari, Wuluhan, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019? b) Bagaimana kegiatan kolase (menyobek kertas origami) dalam meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini pada kelompok B di RA Perwanida 9 Tamansari, Wuluhan, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019? c) Bagaimana kegiatan kolase (menempel sobekan kertas di pola gambar) dalam meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini pada kelompok B di RA Perwanida 9 Tamansari, Wuluhan, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah; a) Bagaimana kegiatan kolase (membuat pola gambar) dalam meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini pada kelompok B di RA Perwanida 9 Tamansari, Wuluhan, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019? b) Bagaimana kegiatan kolase (menyobek kertas origami) dalam meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini pada kelompok B di RA Perwanida 9 Tamansari, Wuluhan, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019? c) Bagaimana kegiatan kolase (menempel sobekan kertas di pola gambar) dalam meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini pada kelompok B di RA Perwanida 9 Tamansari, Wuluhan, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019?. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Menganalisis Motorik Halus anak Kelompok B melalui Kolase di Raudhatul Athfal Perwanida 9 Tamansari, Wuluhan, Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan motorik halus anak kelompok B melalui kolase di Raudhatul Athfal Perwanida 9 Tamansari, Wuluhan, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat ditingkatkan melalui metode bercerita. Langkah-langkah yang efektif dalam meningkatkan Motorik Halus pada anak melalu kegiatan kolase yaitu 1) Merencanakan gambar atau pembuatan pola gambar yang akan dibuat media penembelan. 2) Menyiapkan alat atau bahannya yaitu kertas origami warna-warni dan lem untuk merekatkannya. 3) Membimbing proses kegiatan dalam penyobekan kertas origami, memberi lem pada media pola gambar. 4) Menjelaskan posisi untuk menempelkan sobekan kertas kepola gambar sesuai dengan pola gambar agar tidak keluar garis. 5) Latian hendaknya berulang-ulang agar motorik halus anak terlatih karena keterampilan kolase ini mencakup gerakan-gerakan kecil misalnya menyobek kertas, mengelem dan menempel sehingga kordinasi tangan atau jari-jari terlatih. Selain itu persiapan guru dalam meniapkan rencana pelaksanaan pembelajaran harian yang mengunakan metode yang lebih kreatif lagi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:26
Last Modified: 03 Apr 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21612

Actions (login required)

View Item View Item