Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Grafis melalui Kegiatan Mencetak dari Bahan Alam pada Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Azhar Gumuk Kerang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Shofiyana, Zahrotus (2019) Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Grafis melalui Kegiatan Mencetak dari Bahan Alam pada Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Azhar Gumuk Kerang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zahrotus Shofiyana_T20155002.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kegiatan mencetak adalah salah satu kegiatan kreativitas seni yang dilakukan di lembaga-lembaga TK/RA. Mencetak adalah memindahkan gambar ke atas kertas atau bahan lain dengan menggunakan acuan cetak yang terbuat dari berbagai jenis bahan misalnya mencetak dengan bahan alam. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan kreativitas seni grafis melalui kegiatan mencetak menggunakan pelepah daun pisang pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Azhar Gumuk Kerang Jember Tahun pelajaran 2018/2019? 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan kreativitas seni grafis melalui kegiatan mencetak menggunakan pelepah daun pisang pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Azhar Gumuk Kerang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan kreativitas seni grafis melalui kegiatan mencetak menggunakan pelepah daun pisang pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Azhar Gumuk Kerang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan kreativitas seni grafis melalui kegiatan mencetak menggunakan pelepah daun pisang pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Azhar Gumuk Kerang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian kualitataif deskripstif, yang bertujuan untuk mengumpulkan data berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Subyek dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari: Reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Kegiatan mencetak diawali dengan guru mempersiapkan sebuah RPPH. Kemudian dilanjutkan penerapan kegiatan mencetak, mula-mula guru mempersiapkan alat dan bahan untuk mencetak seperti, pelepah daun pisang yang sudah diiris dengan ukuran 5 centi meter, kertas buvalo bergambar bendera, cat (campuran lem rajawali putih dan pewarna makanan), piring wadah cat, dan koran. Untuk meningkatkan kreativitas seni grafis guru tidak membatasi bagaimana cara anak mencetak supaya kreativitas anak meningkat, guru membimbing jika ada sesuatu yang menyimpang. Dilanjutkan dengan evaluasi guru memberikan tanda bintang pada hasil karya anak sesuai dengan kualifikasi dan laporan hasil belajar siswa. 2) Kelebihan selain menumbuhkan kreativitas seni grafis kegiatan mencetak juga dapat mengembangkan motorik halus anak, pengetahuan, rasa ingin tahu, dan kemandirian serta banyak ditemui pohon pisang di sekitar sekolah. Kekurangannya hanya bagaimana guru dituntut untuk kreatif agar bisa mengkondisikan anak, agar pada saat kegiatan warna tidak menempel kemanamana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:26
Last Modified: 03 Apr 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21620

Actions (login required)

View Item View Item