Permainan Balok dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Habibur Rohman Jatian, Pakusari, Jember Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Jayanti, Ratna (2019) Permainan Balok dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Habibur Rohman Jatian, Pakusari, Jember Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ratna Jayanti_T201511097.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini didasarkan pada hasil pengamatan yang penulis lakukan. Lembaga Pendidikan Islam Raudhatul Athfal Habibur Rohman adalah satu-satunya Raudhatul Athfal yang berada di Dusun Plalangan Desa Jatian Kecamatan Pakusari yang memiliki Alat Peraga Edukatif Balok. Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan melalui wawancara dengan Kepala RA. Habibur Rohman, guru jarang menggunakan alat permainan balok dalam kegiatan pembelajaran sehingga perkembangan kreativitas anak relatif rendah. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana permainan balok dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini di Raudhatul Athfal Habibur Rohman Jatian Pakusari Jember? (2) bagaimana bermain balok dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini kelompok A di Raudhatul Athfal habibur Rohman Jatian Pakusari Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan apakah permainan balok dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini kelompok A di Raudhatul Athfal Habibur Rohman Jatian Pakusari Jember (2) Untuk mendeskripsikan apakah bermain balok dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini kelompok A di Raudhatul Athfal habibur Rohman Jatian Pakusari Jember tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Oleh karena itu, data yang diperlukan dikumpulkan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Sementara itu, untuk memperoleh data yang valid digunakan uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi dan sumber data. Data yang terkumpul akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Permainan balok dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini pada kelompok A di Raudhatul Athfal Habibur Rohman Jatian Pakusari Jember dapat mengembangkan kreativitas anak dikarenakan permainan balok merupakan Alat Permainan Edukatif yang dapat merangsang ide-ide dan imajinasi kreatif anak usia dini. (2) Bermain balok dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini pada kelompok A di RA Habibur Rohman Jatian Pakusari Jember dapat mengembangakn kreativitas anak usia dini dikarenakan, guru menggunakan media balok dalam merencanakan pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas anak melaui kegiatan bermain balok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:27
Last Modified: 03 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21622

Actions (login required)

View Item View Item