Penerapan Metode Ustmani dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk Orang Dewasa di Majelis Taklim GEMMA Ibnu Katsir Jember Tahun 2017.

Nurjannah, Riski Husniah (2017) Penerapan Metode Ustmani dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk Orang Dewasa di Majelis Taklim GEMMA Ibnu Katsir Jember Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKI HUSNIAH NURJANNAH_084 131 391.pdf

Download (12MB)

Abstract

Dalam pembelajaran seringkali muncul permasalahan yang berkaitan dengan metode pembelajaran yang harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Belajar al-Qur’an hukumnya fardu ain untuk orang islam, tetapi tidak sedikit pula orang dewasa yang masih atau kurang memahami dalam membaca dan menulis al-Qur’an. Hal ini dapat disebabkan pada masa kanak-kanak dahulu, jarak rumah mereka dengan lembaga islam yang mengajarkan al-Qur’an sangat jauh. Oleh karena itu, Yayasan Ibnu Katsir Jember membentuk program yang bernama GEMMA. Program GEMMA dibentuk untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat Jember yang belum bisa membaca dan menulis al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Metode yang digunakan dalam pembelajaran alQur’an pun sangat unik yaitu metode Ustmani. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu pertama, Bagaimana perencanaan metode Ustmani dalam pembelajaran al-Qur’an untuk orang dewasa di Majelis Taklim GEMMA Ibnu Katsir Jember tahun 2017. Kedua, Bagaimana penerapan metode Ustmani dalam pembelajaran al-Qur’an untuk orang dewasa di Majelis Taklim GEMMA Ibnu Katsir Jember tahun 2017. Ketiga, Bagaimana evaluasi metode Ustmani dalam pembelajaran al-Qur’an untuk orang dewasa di Majelis Taklim GEMMA Ibnu Katsir Jember tahun 2017. Tujuan penelitian ini yaitu pertama, mendeskripsikan perencanaan metode Ustmani dalam pembelajaran al-Qur’an untuk orang dewasa di Majelis Taklim GEMMA Ibnu Katsir Jember tahun 2017. Kedua, mendeskripsikan pelaksanaan metode Ustmani dalam pembelajaran al-Qur’an untuk orang dewasa di Majelis Taklim GEMMA Ibnu Katsir Jember tahun 2017. ketiga, mendeskripsikan evaluasi metode Ustmani dalam pembelajaran al-Qur’an untuk orang dewasa di Majelis Taklim GEMMA Ibnu Katsir Jember tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pertama, Perencanaan pembelajaran al-Qur’an untuk orang dewasa di Majelis Taklim GEMMA Ibnu Katsir Jember tahun 2017 sudah di tentukan oleh pihak GEMMA Ibnu Katsir perencanaan pembelajaran ini berisi tentang tujuan, materi, dan metode pembelajaran. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran menerapkan beberapa hal diantaranya memulai pembelajaran, menyampaikan materi, penggunaan media pembelajaran dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu metode Ustmani . Ketiga, Evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi penempatan, evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:27
Last Modified: 03 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21625

Actions (login required)

View Item View Item