Pengaruh Keaktifan Ibadah Santri Terhadap Sikap Sosial Santri di Pondok Pesantren Putri Darun Najah Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016

Fadhillah, Siti Asmilatus (2015) Pengaruh Keaktifan Ibadah Santri Terhadap Sikap Sosial Santri di Pondok Pesantren Putri Darun Najah Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Asmilatus Fadhillah_084 111 029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kajian ini dilatar belakangi dengan ibadah dalam Islam tidak semata-mata bertujuan untuk menyembah Allah. Ibadah merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah. Ibadah dalam bahasa arab memiliki arti ketundukan. Ibadah yang ada di PPP.Darun Najah dengan sistem dan ketentuan yang dibuat sejelas mungkin berdasarkan hasil musyawarah dengan pengasuh, pengurus, dan lain sebagainya tentunya mempunyai tujuan mulia yakni menciptakan generasi-generasi yang sadar akan ketentuan-ketentuan yang mengarahkan pada kebaikan sehingga kelak berguna bagi kehidupan bermasyarakat. Namun, pemikiran setiap individu sangatlah berbeda, tidak mudah menyamaratakan cara berfikir seseorang walaupun untuk kebaikan. Banyak sekali santri-santri di pesantren ini yang mencoba untuk melanggar kegiatan dengan berbagai alasan yang terkadang tidak logis sehingga tujuan mulia pesantren terhambat. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh keaktifan ibadah santri terhadap sikap disiplin santri di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Adakah pengaruh keaktifan ibadah santri terhadap sikap tanggung jawab santri di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Sumbersuko Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang keaktifan ibadah terhadap sikap sosial dan pengaruhnya dengan sikap sosial meliputi sikap sosial disiplin dan tanggung jawab, dan seberapa kuat Pengaruh keaktifan ibadah terhadap sikap sosial santri di PPP. Darun Najah Petahunan Sumbersuko Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian correlational research (penelitian korelasi).Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasional. Adapun Subyek penelitian adalah siswa kelas 4 A&C Awaliyah, I, II dan III Wustho Darun Najah berjumlah 82 anak. Dalam hal ini peneliti menggunakan penelitian populasi. Ada dua alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket tentang Keaktifan Ibadah terhadap sikap sosial dan dokumentasi keaktifan ibadah. Data yang diperoleh dari angket, kemudian dianalisis dengan chikuadrat dan uji korelasi menggunakan contingency coefficient (C). Hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% secara umum menunjukkan bahwa: Tidak ada pengaruh antara keaktifan ibadah(X) dengan sikap sosial(Y), dengan nilai chi kuadrat 9.188071806 kemudian dianalisa dengan rumus C dengan hasil0,38Cmaks yang bergerak antara 0,4 Cmaks< C < 0,8 Cmaks. Secara khusus menunjukkan adanya :(1) Ada pengaruh antara keaktifan ibadah (X) dengan sikap sosial disiplin (Y1), dengan nilai chi kuadrat 75.83327723 kemudian dianalisa dengan rumus C dengan hasil 0,91Cmaks yang bergerak antara 0,8 Cmaks< C < Cmaks(2). Ada pengaruh yang tinggi sekali antara keaktifan ibadah(X) dengan sikap sosial tanggung jawab(Y2), dengan nilai chi kuadrat 118,9359526 kemudian dianalisa dengan rumus C dengan hasil 0, 47Cmaks yang bergerak antara 0,4 Cmaks< C < 0,6 Cmaks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:27
Last Modified: 03 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21627

Actions (login required)

View Item View Item