Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Bermain Engklek Pada Anak Kelompok B Di Raudhatul Athfal Nurus Salamah Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Holila, Siti (2019) Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Bermain Engklek Pada Anak Kelompok B Di Raudhatul Athfal Nurus Salamah Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Holila_T201511072.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan motorik merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam perkembangan individu secara keseluruhan, karena pertumbuhan dan perkembangan motorik terjadi dari bayi hingga dewasa. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara guru dalam meningkatkan motorik kasar anak melalui permainan engklek pada anak kelompok B di RA Nurus Salamah kecamatan Mumbulsari kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana upaya meningkatkan motorik kasar anak melalui permainan engklek pada anak kelompok B di RA Nurus Salamah Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsiakan cara guru dalam meningkatkan motori kasar anak melalui permainan engklek pada anak kelompok B di RA Nurus Salamah kecamatan mumbulsar kabupaten jember tahun pel;ajaran 2018/2019, (2) Untuk mendeskripsikan upaya dan dampak permainan engklek terhadap peningkatan motorik kasar anak pada RA Nurus Salam Kecamatan Mumbulsari Jember 2018/2019 Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian Kualitatif dari data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B RA Nurus Salamah Mumbulsari Jember Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Permainan engklek dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini pada kelompok B di RA Nurus Salamah Mumbulsari Jember sudah berjalan dengan baik sesuai dengan cara dan strategi guru sehingga motorik kasar anak mengamai peningkatan terbukti dengan bisanya anak melompat dengan seimbang. 2) Permainan engklek dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak pada kelompok B di RA Nurus Salamah dengan adanya upaya guru melalui penyusunan RPPH dengan indikator melompat, sehingga kemampuan motorik kasar anak usia dini mengalami peningkatan yang signifikan terbukti dengan cara melompat anak yang seimbang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Cara guru meningkatkan motorik kasar melalui permainan engklek yaitu: a) Guru harus memiliki strategi yang cocok, (b) Guru harus memiliki metode yang cocok, (c) Permainan engklek dibuat semenarik mungkin, (d) Memberikan pujian kepada anak, (2) Upaya guru dalam meningkatkan motorik kasar anak melalui permainan engklek yaitu: (a) Guru menyusun RKH, (b) Guru membuat 2 pola engklek, (c) Guru mengkondisikan peserta didik, (d) Guru memberikan pengarahan, (e) Guru menjelaskan kegiatan, (f) Guru menempatkan anak di kedua gambar engklek, (g) Guru memberikan aba-aba, dan (h) Guru menyemangati dan memotivasi anak saat bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:27
Last Modified: 03 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21629

Actions (login required)

View Item View Item