Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik Anak Usia Dini melalui Permainan Memancing Ikan di Kelompok Bermain Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Kalimah, Siti (2019) Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik Anak Usia Dini melalui Permainan Memancing Ikan di Kelompok Bermain Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Kalimah_T201511095.pdf

Download (5MB)

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang berada di antara usia 0-6 tahun yang merupakan masa keemasan seorang anak. Pada masa ini segala potensi harus dikembangkan secara menyeluruh dari segi kognitif, bahasa, sosial emosional, dan fisik motorik. Untuk mengembangkan aspek kemampuan tersebut dibutuhkan pendidikan yang tepat untuk anak. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui kegiatan bermain memancing ikan angka di Kelompok Bermain Al Fattah Kasian, Serut, Panti Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019? dan (2) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan psikomotorik anak usia dini melalui kegiatan bermain memancing ikan angka di Kelompok Bermain Al Fattah Kasian, Serut, Panti Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui kegiatan bermain memancing ikan angka dikelompok bermain Fattah Kasian, Serut, Panti Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019 dan (2) Mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan psikomotorik anak usia dini melalui kegiatan bermain memancing ikan angka dikelompok bermain Fattah Kasian, Serut, Panti Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) Upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui kegiatan bermain memancing ikan angka di Kelompok Bermain Al Fattah Kasian, Serut, Panti Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019 guru melakukan perencanaan terlebih dahulu melalui RPPH yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran harian di mana dalam RPPH tercantum mengenai materi, media dan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran, termasuk salah satunya adalah pembelajaran melalui bermain memancing ikan, dan (2) upaya meningkatkan kemampuan psikomotorik anak usia dini melalui kegiatan bermain memancing ikan angka di Kelompok Bermain Al Fattah Kasian, Serut, Panti Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019 dilakukan dengan cara guru menciptakan suasana kelas yang aktif, kreatif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:27
Last Modified: 03 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21630

Actions (login required)

View Item View Item