penguatan Materi Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Program Tahfidzul Qur’an Wal Hadits di MTs Al Imam Grujugan Lor Jambesari Darussholah Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017

Muzayyanah, Siti (2017) penguatan Materi Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Program Tahfidzul Qur’an Wal Hadits di MTs Al Imam Grujugan Lor Jambesari Darussholah Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Muzayyanah_ 084 101 262.pdf

Download (20MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah terdiri atas beberapa aspek yaitu aspek Al-Quran Hadits, menekankan pada baca tulis yang benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik diharapkan bisa membaca dan menulis AlQur’an dan Hadis karena selain menjadi tujuan pembelajaran membaca AlQur’an juga disyari’atkan bagi umat Islam. Namun masih banyak orang yang belum bisa menulis dan membaca Bahasa Arab apalagi membaca Al-Qur’an. Mendesain peroses pembelajaran mengamalkan Al-Qur’an dan Hadits yang tepat agar proses pembelajaran tersebut bisa sukses dan berhasil, diperlukan keahlian, kecerdasan, dan kekreatifitasan seorang guru dalam mendesainnya. Sehingga pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al Imam Grujugan Lor menggunakan Penguatan materi mata pelajaran Al-Qur’an Hadist agar peserta didik dapat menerima materi dengan baik. Diantara cara yang digunakan adalah penguatan hafalan, praktek dan test. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitiannya adalah: 1) Bagaimana penguatan positif materi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui program Tahfidzul Qur’an Wal Hadits? 2) Bagaimana penguatan negatif materi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui program Tahfidzul Qur’an Wal Hadits? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan penguatan positif materi mata pelajaran Alqur’an Hadits melalui program Tahfidzul Qur’an wal Hadits di MTs Al Imam Grujugan Lor, Jambesari Darussholah, Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017.2) Mendeskripsikan penguatan negatif materi mata pelajaran Alqur’an Hadits melalui program Tahfidzul Qur’an wal Hadits di MTs Al Imam Grujugan Lor, Jambesari Darussholah, Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yaitu: koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu tringulasi sumber dan metode. Hasil penelitiannya adalah: 1) Penguatan positif materi mata pelajaran AlQur’an Hadits melalui program Tahfidzul Qur’an Wal Hadits adalah: pemberian penguatan melalui hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadits sesuai dengan materi pelajaran Al-Qur’an Hadits. Bagi peserta didik yang hafal dinyatakan lulus dan dijadikan sebagai koordinator penyetoran hafalan, siswa menjadi lebih memahami materi, dan menambah koleksi hafalan. 2) Penguatan negatif materi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui program Tahfidzul Qur’an Wal Hadits yaitu: dengan memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa yang sulit menghafal, jika siswa tersbut masih mengulangi kesalah lagi aka diberikan sangsi berupa berjemur dihalaman sekolah sambil menghafal hafalan ayat Al-Qur’an atau Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:27
Last Modified: 03 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21631

Actions (login required)

View Item View Item