Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak melalui Bermain Peran pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Amanah Lil ‘Alamin Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Munawaroh, Siti Nasehatul (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak melalui Bermain Peran pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Amanah Lil ‘Alamin Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NASEHATUL MUNAWAROH_T201511065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan bahasa ekspresif merupakan kemampuan berbicara dan menuliskan informasi. Kemampuan berbicara anak dapat dikembangkan dengan cara bermain, karena dengan bermain anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berbicaranya. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak yaitu dengan bermain peran. Bermain peran terbagi menjadi dua jenis yaitu bermain peran makro dan bermain peran mikro. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A melalui bermain peran makro di Raudhatul Athfal Amanah Lil ‘Alamin Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? dan 2) Bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A melalui bermain peran mikro di Raudhatul Athfal Amanah Lil ‘Alamin Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A melalui bermain peran makro di Raudhatul Athfal Amanah Lil ‘Alamin Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019 dan 2) Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A melalui bermain peran mikro di Raudhatul Athfal Amanah Lil ‘Alamin Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Observasi partisipasif, 2) Wawancara semiterstruktur, dan 3) Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara interaktif model Miles dan Huberman dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa: 1) Kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui bermain peran makro pada kelompok A di Raudhatul Athfal Amanah Lil ‘Alamin tahun pelajaran 2018/2019 yang terlihat dengan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak yang lebih tinggi, tata bahasa yang lebih baik, dan banyak kosa kata, dan 2) Kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui bermain peran mikro pada kelompok A di Raudhatul Athfal Amanah Lil ‘Alamin tahun pelajaran 2018/2019 yang dapat dilihat dengan kemampuan berbicara anak yang berkembang lebih optimal, anak dapat berkreatifitas dengan media yang digunakannya, dan anak juga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang timbul ketika bermain peran mikro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:27
Last Modified: 03 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21633

Actions (login required)

View Item View Item