Peningkatan Kemampuan Membandingkan Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Kartu Bergambar Pada Siswa Raudhatul Athfal Aswaja Sumberejo Umbulsari Jember Tahun Ajaran 2018/2019.

Rohmah, Siti Nur (2019) Peningkatan Kemampuan Membandingkan Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Kartu Bergambar Pada Siswa Raudhatul Athfal Aswaja Sumberejo Umbulsari Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Rohmah_T201511058.pdf

Download (11MB)

Abstract

Media kartu bergambar dirasa sangat penting dalam meningkatkan kemampuan membandingkan lambang bilangan pada siswa di lembaga RA, khususnya di RA Aswaja Sumberejo kecamatan Umbulsari. Karena dengan menggunakan media kartu bergambar siswa dapat memahami konsep bilangan dengan mudah, membuat bakat dan minat anak semakin menguat, serta merangsang kecerdasan dan ingatan sesuai dengan kemampuannya, hal tersebut dapat dilihat dari ketepatan siswa dalam mengurutkan angka, membandingkan, dan dalam penjumlahan dan pengurangan angka, dengan tingkatan kognitif yang tinggi diambil dari tingkat kognitif Taksonomi Bloom yang telah dimodifikasi oleh Krathwohl tentang HOTS (Higher Order Thinking Skiils) dalam artian kemampuan kognitif tingkat tinggi, sehingga siswa tidak hanya paham namun siswa juga dapat kritis dan kreatif. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana perencanaan, bagaimana pelaksanaan, dan bagaiman evaluasi permainan kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan membandingkan lambang bilangan 1-10 pada siswa RA Aswaja Sumberejo Umbulsari Jember Tahun Ajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, bagaimana pelaksanaan, dan bagaiman evaluasi permainan kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan membandingkan lambang bilangan 1-10 pada siswa RA Aswaja Sumberejo Umbulsari Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis yang bersifat deskriptif. Menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi permainan kartu bergambar pada siswa RA Aswaja Sumberejo Umbulsari Tahun Ajaran 2018/2019. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif pasif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh tiga kesimpulan yaitu: 1) Perencanaan dalam sebuah kegiatan sangat dibutuhkan yaitu dengan membuat RPPH dan RPPM setelah mengetahui karakteristik siswa supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. 2) Pelaksanaan dilaksanakan dengan tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Apabila guru dapat memiliki dan melaksanakan kompetensi serta mehahami domain kognitif Bloom maka akan menghasilkan siswa yang kritis dan kreatif, dengan menggunakan media kartu bergambar siswa dapat memahami konsep bilangan dengan mudah, membuat bakat dan minat anak semakin menguat, serta merangsang kecerdasan dan ingatan sesuai dengan kemampuannya, sehingga kemampuan siswa dalam membandingkan lambang bilangan dapat meningkat. 3) Evaluasi dalam pembelajaran diperlukan teknik dan menyusun instrument penilaian, penilaian hendaknya dilakukan pada waktu proses pembelajaran supaya sistematis dan obyektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:27
Last Modified: 03 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21634

Actions (login required)

View Item View Item