Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Interpersonal Siswa di SMP Negeri 01 Jember.

Nuryanti, Siti (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Interpersonal Siswa di SMP Negeri 01 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NURYANTI_084 111 002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk generasi mendatang sehingga diharapkan dapat menghasilkan manusia yang berkualitas, bertanggung jawab dan bermanfaat di lingkungan sosialnya. Guru sebagai salah satu sumber utama penentu keberhasilan tujuan pendidikan mempunyai tugas untuk membentuk peserta didik agar memiliki karakter tersebut, termasuk juga guru Pendidikan Agama Islam. Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial perlu ditanamkan di dalam diri peserta didik sebaik mugkin agar dapat membentuk hubungan yang harmonis dengan orang lain di lingkungannya. Terdapat berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan keterampilan bersosial tersebut baik melalui pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada masalah: 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal social sensitivity siswa di SMP Negeri 01 Jember? 2) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal social insight siswa di SMP Negeri 01 Jember? 3) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal social communication siswa di SMP Negeri 01 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal social sensitivity siswa di SMP Negeri 01 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal social insight siswa di SMP Negeri 01 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal social communication siswa di SMP Negeri 01 Jember. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis field research. Penentuan informan menggunakan purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengukur keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal social sensitivity siswa di SMP Negeri 01 Jember adalah melalui pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya, melalui kegiatan pelayanan sosial, dan melalui kegiatan pembiasaan mengumpulkan infaq. 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal social insight siswa di SMP Negeri 01 Jember adalah melalui pemberian reward berupa hadiah maupun pujian, mengikutsertakan siswa dalam membuat peraturan belajar dan sanksinya, serta melalui pembelajaran kooperatif dengan metode problem solving digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix dan puzzle. 3) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal social communication siswa di SMP Negeri 01 Jember adalah melalui program sanksi berupa hafalan ayat Al-Qur’an, menggunakan metode karyawisata, kegiatan rutin bersalaman, dan pembiasaan membaca surat Yasiin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:27
Last Modified: 03 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21636

Actions (login required)

View Item View Item