Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Permainan Pesan Berbisik pada Kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Solikhah, St. (2019) Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Permainan Pesan Berbisik pada Kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
St. Sholikhah_T201511060.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang adalah kemampuan bahasa. Ketika anak-anak berinteraksi dengan orang lain, anak-anak sekaligus akan belajar tentang bahasa, namun bahasa yang digunakan sering kali tidak tepat. Bermain adalah karakteristik anak usia dini. Permainan pesan berbisik merupakan permainan yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa. Pada Kelompok A di RA Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember, ditemukan beberapa anak yang kemampuan bahasanya masih belum sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak dengan terlihatnya siswa yang berinteraksi menggunakan bahasa Indonesia disertai bahasa daerah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa reseptif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, dan hasilnya? 2) Bagaimana langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, dan hasilnya? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa reseptif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, dan hasilnya. 2) Mendeskripsikan langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, dan hasilnya. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian deskritif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1)Langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa reseptif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah melalui kegiatan menyimak perkataan orang lain dengan menggunakan satu kata, dua kata, tiga kata, dan empat kata. Dan hasilnya adalah dari 21 anak terdapat 4 anak berkembang sangat baik, 13 anak berkembang sesuai harapan, dan 4 anak mulai berkembang. 2) Langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah melalui kegiatan mengulang kalimat sederhana dengan menggunakan satu kata, dua kata, tiga kata, dan empat kata. Dan hasilnya adalah dari 21 anak terdapat 5 anak berkembang sangat baik, 13 anak berkembang sesuai harapan, dan 3 anak mulai berkembang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:28
Last Modified: 03 Apr 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21640

Actions (login required)

View Item View Item