Peran Guru dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di Raudhatul Atfal (Ra) Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Khoiriyah, Tatik (2019) Peran Guru dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di Raudhatul Atfal (Ra) Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tatik Khoiriyah_T201511132.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran guru sebagai pengajar ialah guru yang memberikan pengajaran di dalam sekolah (kelas) agar murid memahami dengan baik semua pengetahuan yang telah disampaikan, selain itu guru berusaha agar terjadi perubahan sikap, keterampilan, kebiasaan, hubungan sosial, dan sebagainya melalui pengajaran yang diberikan. Peran guru sebagai pembimbing ialah guru yang berkewajiban memberikan bantuan kepada murid agar mereka mampu menemukan masalahnya sendiri, memecahkan masalahnya itu dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember?, 2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember?, 3) Bagaimana peran guru sebagai Fasilitator dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember? Tujuan penelitian ini adalah ; 1) Mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember, 2) Mendiskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember, 3) Mendiskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Menganalisis peran guru sebagai Pengajar, Pembimbing dan Fasilitator dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fattah Kasian, Serut, Panti, Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen Hasil penelitian yaitu 1) Peran guru sebagai Pengajar dalam mengembangkan kognitif anak usia dini guru mampu memperagakan materi pembelajaran terbukti pada wawancara, observasi dan dokumen yang terdapat dalam kurikulum 13, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang mendemonstrasikan langsung pembelajarannya dengan tema tanaman pada anak. mengajarkan tentang proses tumbuhnya tanaman mulai dari biji-bijian menjadi kecamba, kecamba menjadi tunas muda, mengelompokan sesuai dengan jenis bijibijian, ukuran, warna dan menghitung hasil pengelompokan. 2) Peran guru sebagai pembimbing, guru mampu membimbing proses mendemonstrasikan pembelajaran dengan tema tanaman yaitu membimbing anak dalam pembuatan bibit tanaman dari biji-bijian kedalam media yang sudah disiapkannya. Sehingga anak dapat terlibat langsung dalam pembelajaran dan mengamati langsung. 3) Peran guru sebagai fasilitator, guru harus memilih dan mengadakan sumber pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:28
Last Modified: 03 Apr 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21641

Actions (login required)

View Item View Item