Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Bermain Puzzle Huruf pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Amalini, Vita Maya (2019) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Bermain Puzzle Huruf pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vita Maya Amalini_T201511070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecerdasan verbal linguistik yaitu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk berpikir dalam bentuk kata-kata dan menggunakan bahasa, memiliki empat keterampilan utama, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kecerdasan verbal linguistik harus dikembangkan sejak anak usia dini dengan menggunakan metode bermain, salah satunya adalah bermain puzzle huruf. Bermain puzzle huruf adalah salah satu permainan yang komplit untuk mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak. Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok A melalui bermain puzzle huruf di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, 2. Bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A melalui bermain puzzle huruf di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, dan 3. Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok A melalui bermain puzzle huruf di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyimak anak kelompok A melalui bermain puzzle huruf di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019, 2. Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok A melalui bermain puzzle huruf di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah, 3. Mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca anak kelompok A melalui bermain puzzle huruf di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. penenlitian ini berlatar belakang di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1. Kemampuan menyimak anak dapat ditingkatkan melalui bermain puzzle huruf pada kelompok A di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019 yang dapat dilihat dengan bertambahnya fokus anak dalam menyusun puzzle huruf menjadi sebuah bentuk. 2. Kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui bermain puzzle huruf pada kelompok A yang terlihat ketika berlangsungnya kegiatan bermain puzzle huruf memberikan lingkungan belajar yang menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. 3. Kemampuan membaca anak dapat ditingkatkan melalui bermain puzzle huruf pada kelompok A yang dapat dilihat ketika menggunakan puzzle huruf membantu anak untuk mengenal bentuk dan langkah penting menuju pengembangan keterampilan membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:28
Last Modified: 03 Apr 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21643

Actions (login required)

View Item View Item