Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kepedulian Sosial Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Mila, Zahrotul (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kepedulian Sosial Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAHROTUL MILA_084 141 408.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam tidak hanya mengajarkan pengetahuan tentang agama Islam saja, tetapi juga pengetahuan tentang kehidupan sosial, seperti kepedulian sosial. Kepedulian sosial merupakan salah satu aktivitas sosial yang perlu dikembangkan dalam kehidupan manusia. Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap peduli sosial kepada siswa sangatlah diperlukan, sehingga guru diharapkan dapat membantu siswa agar siswa memiliki sikap peduli kepada sesama. Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pengajar dalam menanamkan kepedulian sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2018/2019?. (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam menanamkan kepedulian sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan kepedulian sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai pengajar dalam menanamkan kepedulian sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2018/2019. (2) Mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam menanamkan kepedulian sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2018/2019. (3) Mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan kepedulian sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu (1) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai pengajar dalam menanamkan kepedulian sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu adalah guru pendidikan agama Islam menyampaikan pengetahuan tentang peduli sosial kepada siswa lalu mempraktekkannnya dalam kegiatan sosial di lingkungan sekolah. (2) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam menanamkan kepedulian sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu adalah guru pendidikan agama Islam memberikan contoh, menjadi teladan, dan menekankan kepada siswa bahwa satu kelas adalah satu keluarga (3) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan kepedulian sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu adalah guru pendidikan agama Islam membangkitkan minat siswa dengan memberikan nasehat kepada siswa dan memberikan motivasi berupa soft terapy, memberikan hukuman berupa teguran kepada siswa yang komplain pada kegiatan Infaq Jum’at atau kegiatan sumbangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 15:39
Last Modified: 03 Apr 2023 15:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21646

Actions (login required)

View Item View Item