Pembelajaran Aswaja Dalam Meningkatkan kecerdasan Spiritual Siswa Di SMP Satya Dharma Yayasan Pendidikan Wahid Hasyim Balung, Jember.

Nasih, Zainun (2018) Pembelajaran Aswaja Dalam Meningkatkan kecerdasan Spiritual Siswa Di SMP Satya Dharma Yayasan Pendidikan Wahid Hasyim Balung, Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zainun Nasih_084131154.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran aswaja yaitu suatu pembelajaran yang hanya diberikan oleh sekolah tertentu, karena pembelajaran aswaja adalah muatan lokal yang tidak diberikan oleh pemerintah melainkan hanya lembaga tertentu yang memberikan pembelajaran aswaja ini. Salah satu lembaga yang memberikan pembelajaran aswaja yaitu SMP Satya Dharma Yayasan Pendidikan Wahid Hasim Balung, Jember. Tujuan diberikannya pembelajaran aswaja ini untuk mencetak generasi penerus ajaran Ahlussunnah Wal-Jama’ah dan meningkatkan kecerdasan spiritual siswa dalam hal akhlak dan ibadah yang sesuai dengan ajaran Ahlussunnah WalJama’ah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Satya Dharma Yayasan Pendidikan Wahid Hasyim Balung, Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Satya Dharma Yayasan Pendidikan Wahid Hasyim Balung Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Satya Dharma Yayasan Pendidikan Wahid Hasyim Balung Jember? Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Satya Dharma Yayasan Pendidikan Wahid Hasyim Balung, Jember 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Satya Dharma Yayasan Pendidikan Wahid Hasyim Balung Jember 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Satya Dharma Yayasan Pendidikan Wahid Hasyim Balung, Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan:1) Perencanaan pembelajaran aswaja di SMP Satya Dharma ini dilakukan dengan menempuh jalan musyawarah. Yang dilakukan oleh kepala sekolah, waka kurikulum dan dewan guru pada awal semester. 2) Pelaksanaan pembelajaran Aswaja yaitu dilaksanakan pada saat proses pembelajaran itu berlangsung dengan cara menerapkan dua metode pada saat pembelajaran yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab. 3) Evaluasi pembelajaran Aswaja yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan dewan guru melakukan musyawarah tiap bulan dan tiap akhir semseter yang bertujuan melihat apakah pada pelaksanaan sudah sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan pada awal tahun dan apakah masih ada kendala dalam menyampaikna materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 15:39
Last Modified: 03 Apr 2023 15:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21647

Actions (login required)

View Item View Item