Profil kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear dua variabel dengan representasi graf pohon biner kelas VIII SMP Negeri 1 Panti Jember

Sabrina, Alvinka (2023) Profil kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear dua variabel dengan representasi graf pohon biner kelas VIII SMP Negeri 1 Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alvinka Ainun Sabrina_T20197045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir menjadi kebutuhan bagi setiap siswa dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika, kemampuan berpikir dapat digambarkan menjadi pemecahan masalah yang sistematis dan saling berhubungan yang tanpa disadari membentuk suatu graf pohon biner.
Kemampuan berpikir dalam memecahkan masalah menjadi hal yang sangat penting, setiap siswa memiliki cara masing-masing untuk memecahkan masalah yang ditemui sehingga jika direpresentasikan dalam graf pohon binair, setiap siswa memiliki kode yang berbeda.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana profil kemampuan berpikir siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear dua variabel dengan representasi graf pohon biner?. Tentunya fokus penelitian tersebut akan menjawab tujuan penelitian pada skripsi ini sehingga peneliti dapat mengetahui bagaimana proses pemecahan masalah siswa dengan kemampuan yang dimiliki dan kemudian digambarkan dalam bentuk graf pohon biner.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan memberikan soal tes dan wawancara yang dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Panti. Analisis data menggunakan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan trianggulasi teknik.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika dapat digambarkan dalam bentuk graf pohon biner karena pada setiap langkah penyelesaian memiliki keterhubungan dan dapat dibuat menjadi kode biner sebagai kode yang menunjukkan tahapan pemecahan masalah, kode biner yang berbeda menunjukkan bahwa kemampuan berpikir siswa beragam sesuai dengan kemampuan pemecahan masalah yang dipahami terutama pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang memiliki dua variasi penyelesaian. Kode biner yang diperoleh oleh setiap subjek menunjukkan proses pemecahan yang dilakukan yaitu S1 dengan kode 00000, 00000, 00101, S2 dengan kode 00010, 00111, 00111, dan S3 dengan kode 00101, 01101, 00101.Subjek pertama (S1) mampu memecahkan masalah secara sistematis, melakukan identifikasi, perencanaan dan pengaplikasian dengan baik meskipun pada pengaplikasiannya terdapat kesalahan secara kalkulatif, namun S1 tidak dapat melakukan evaluasi. Subjek kedua (S2) juga mampu mengidentifikasi dan merencanakan namun pada pengaplikasian dan pengecekkan kembali, S2 tidak memahami konsep dalam melakukan hal tersebut. Sedangkan subjek ketiga (S3) pada identifikasinya terdapat kesalahan terutama pada soal ketiga sehingga pada pemodelan matematisnya juga salah, hal tersebut menyebabkan adanya kesalahan pada pengaplikasian dan ditambah lagi S3 tidak memahami cara untuk mengecek kembali hasil yang sudah ditemukan.
Kata kunci: kemampuan berpikir; pemecahan masalah matematika; representasi graf pohon biner

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010501 Algebraic Structures in Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd Alvinka Sabrina
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:13
Last Modified: 05 Apr 2023 04:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21653

Actions (login required)

View Item View Item