Tradisi Pesantren Salafiyah Ditengah Arus Perubahan Pendidikan Modern (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Abror Kec. Bangorejo Kab. Banyuwangi)

Fahmi, A. Khafidul (2017) Tradisi Pesantren Salafiyah Ditengah Arus Perubahan Pendidikan Modern (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Abror Kec. Bangorejo Kab. Banyuwangi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
A. Khafidul Fahmi_084121204.pdf

Download (5MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin sulit menemukan lembaga pendidikan Islam yang masih tetap menjalankan sistem pendidikan tradisional. Banyak lembaga-lembaga pesantren yang bermetamorfosis menjadi lembaga pendidikan semi modern dengan menambahkan madrasah formal dengan kajian ilmu sekuler. Hingga pada akhirnya hanyalah pesantren salafiyah yang dapat mempertahankan tradisi belajar klasik yang diwujudkan secara baik dalam sistem pengajaran maupun mata pelajarannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana tradisi sosial pondok pesantren salafiyah Darul Abror Bangorejo Banyuwangi di tengah arus perubahan pendidikan modern?. 2). Bagaimana tradisi keilmuan pondok pesantren salafiyah Darul Abror Bangorejo Banyuwangi di tengah arus perubahan pendidikan modern?. Tujuan penelitian ini adalah; 1). Untuk mendiskripsikan tradisi sosial pondok pesantren salafiyah Darul Abror Bangorejo Banyuwangi ditengah arus perubahan pendidikan modern. 2). Untuk mendiskripsikan tradisi keilmuan pondok pesantren salafiyah Darul Abror Bangorejo Banyuwangi ditengah arus perubahan pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis teknik studi kasus. Adapun penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis data kualitatif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik serta triangulasi sumber. Dari penelitian dan pengolahan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: 1). Tradisi sosial pondok pesantren Darul Abror terwujud dalam bentuk kegiatan ro’an, ta’zir dan tasyakuran yang pelaksanaanya melibatkan santri serta warga disekitar pesantren dan alumni. Kegiatan ini bertujuan agar santri tidak lupa akan perannya sebagai bagian dari mayarakat, 2). Tradisi keilmuan pondok pesantren Darul Abror terwujud dalam kesinambungan kajian kitab-kitab Islam klasik dan penggunaan metode pembelajaran tradisional. Nilai luhur yang terkandung dalam tradisi keilmuan ini adalah pelestarian dan pengamalan khazanah keilmuan Islam klasik yang tetap terjaga keaslian dan kemurniannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:49
Last Modified: 04 Apr 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21656

Actions (login required)

View Item View Item