Implementasi Kurikulum Keagamaan Sekolah Umum Negeri Berbasis Pesantren di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi

Maghfiroh, Annisatul (2017) Implementasi Kurikulum Keagamaan Sekolah Umum Negeri Berbasis Pesantren di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Annisatul Maghfiroh_084131251.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan agama menjadi sesuatu yang sangat penting. Jika dahulu setiap umat beragama dijamin mengenal agamanya maka tidak bisa dijamin pada saat ini, hal ini disebabkan nilai-nilai agama telah mengalami pergeseran yang sangat jauh, namun permasalahan ini tidak hanya melanda umat pada agama tertentu tapi telah menjadi permasalahan bagi semua umat beragama. Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum keagamaan sekolah umum negeri berbasis pesantren di SMAN Darus Sholah Singojuruh. 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum keagamaan sekolah umum negeri berbasis pesantren di SMAN Darus Sholah Singojuruh; 3) Bagaimana evaluasi kurikulum keagamaan sekolah umum negeri berbasis pesantren di SMAN Darus Sholah Singojuruh. Tujuan penelitian ini adalah. 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum keagamaan sekolah umum negeri berbasis pesantren di SMAN Darus Sholah Singojuruh; 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum keagamaan sekolah umum negeri berbasis pesantren di SMAN Darus Sholah Singojuruh; 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum keagamaan sekolah umum negeri berbasis pesantren di SMAN Darus Sholah Singojuruh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum keagamaan di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi melibatkan Kepala Sekolah, Waka kurikulum dan semua guru mata pelajaran agama. Dalam perencaan ini mata pelajaran PAI diperinci menjadi empat mata pelajaran diantaranya Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam ataupun Kitab Klasik. Untuk Sejarah Kebudayaan Islam dan Kitab Klasik merupakan mata pelajaran pilihan untuk kelas reguler dan kelas unggulan yang mana untuk kelas reguler terdiri dari para siswa umum dan kelas unggulan terdiri dari para siswa yang menjadi santri di Ponpes. Darussholah. 2) Pelaksanaan kurikulum keagamaan di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi meliputi beberapa mata pelajaran agama yang bersumber dari buku LKS milik Madrasah Aliyah pada umumnya, dan untuk mata pelajaran Kitab Klasik menggunakan kitab amtsilati, kitab jurumiyah, dan kitab fathul qarib dengan alokasi waktu mata pelajaran agama untuk kelas X yakni 5 jam dalam seminggu, untuk kelas XI dan Kelas XII yakni 6 jam dalam seminggu. 3) Evaluasi kurikulum keagamaan di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi menggunakan beberapa bentuk evaluasi pembelajaran diantaranya pretest, post test, ulangan harian, ujian mid semester dan ujian akhir semester serta tes soal, praktek dan juga hafalan dengan dua bentuk rapor yakni rapor umum dan rapor diniyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:50
Last Modified: 04 Apr 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21658

Actions (login required)

View Item View Item