Implementasi Program Pembelajaran Kitab Hadits Al- Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah Berbasis Pondok Pesantren Tahun Pelajaran 2016/2017.

Indrawati, Aprilia (2017) Implementasi Program Pembelajaran Kitab Hadits Al- Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah Berbasis Pondok Pesantren Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aprilia Indarwati_084131392.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini berlatar belakang bahwa penyelenggaraan pendidikan telah memberikan perannya guna terbetuk generasi muda yang dapat berguna bagi agama, bangsa dan negara. Namun dilapangan terjadi kesenjangan yang tidak sesuai dengan tindakan pendidikan yang telah diberikan. Sehingga dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah diadakan jam tambahan berbasis kepesantrenan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tujuan implementasi program pembelajara kitab hadits Al-Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah berbasis pondok pesantren tahun pelajaran 2016/2017?. 2) Bagaimana metode implementasi program pembelajara kitab hadits Al-Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah berbasis pondok pesantren tahun pelajaran 2016/2017?. 3) Bagaimana materi program pembelajara kitab hadits Al-Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah berbasis pondok pesantren tahun pelajaran 2016/2017?.4) Bagaimana metode implementasi program pembelajara kitab hadits Al-Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah berbasis pondok pesantren tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan tujuan implementasi program pembelajara kitab hadits Al-Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah berbasis pondok pesantren tahun pelajaran 2016/2017. 2) Mendeskripsikan metode implementasi program pembelajara kitab hadits Al- Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah berbasis pondok pesantren tahun pelajaran 2016/2017. 3) Mendeskripsikan materi program pembelajara kitab hadits Al-Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah berbasis pondok pesantren tahun pelajaran 2016/2017. 4) Mendeskripsikan evaluasi implementasi program pembelajara kitab hadits Al- Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah berbasis pondok pesantren tahun pelajaran 2016/2017. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan analisis deskriptif kualitatif. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Tujuan implementasi program pembelajaran kitab hadits Al-Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah yaitu, pertama, meningkatkan keyakinan terhadap ajaran agama Islam dengan membimbing para peserta didik untuk taat menjalankan ibadah terutama dilingkungan sekolah. Kedua, membentuk peserta didik yang memiliki akhlak mulia sehingga dapat menjaga perilakunya. Ketiga, membimbing peserta didik sehingga dapat menerapkan keyakinan terhadap agama Islam dalam kehidupan sehari-harinya. 2) Metode implementasi program pembelajaran kitab.hadits Al-Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah yaitu, pertama, menggunakan metode ceramah untuk membuka awal pembelajaran. Kedua, menggunakan metode ibrah-mauidzhah (mengambil pelajaran dari setiap peristiwa serta menyampaikan nasehat-nasehatnya). Ketiga, menggunakan metode tanya jawab yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 3) mengarah pada materi yang dapat menstimulan peningkatan keyakinan peserta didik terhadap ajaran agama Islam sehingga dapat melaksanakan ajaran agama Islam dimanapun mereka berada dan secara berkesinambungan dapat merubah akhlak mereka menjadi lebih baik. 4) Evaluasi implementasi pembelajaran kitab hadits Al-Arba’in An-Nawawi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah yaitu penilaian ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester bagi peserta didik. Pendidik juga melakukan penilaian diagnostik terhadap peserta didik yang digunakan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi peserta didik dalam menerima materi pelajaran sehingga peserta didik dapat maksimal dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:50
Last Modified: 04 Apr 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21659

Actions (login required)

View Item View Item