Metode Pembelajaran Qoidati Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Kitab Kuning Peseta Didik Di MTs Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Istiqlalia, Dewi Ulva (2017) Metode Pembelajaran Qoidati Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Kitab Kuning Peseta Didik Di MTs Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Ulva Istiqlalia_ 084121118.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran dalam pengajaran kitab kuning yang merupakan subyek utama yang mengiringi dan mengantarkan pengajaran kepada peserta didik, di samping guru harus mengajarkan ilmu penegetahuan juga dituntut untuk menyamapaikan dan memeberikan penjelasan tentang nilai-nilai positif Islami kepada peserta didik. Mempelajari dan memahami kitab kuning sangatlah sulit perlu sebuah alat untuk mempermudah mempelajari dan memahami metode yang ada pada pembelajaran. Qoidati termasuk salah satu metode tradisional yang mampu membantu peserta didik untuk membaca dan memahami literatur bahasa Arab maupun membaca kitab kuning yang baik dan masih relevan diterapkan sampaikan sekarang. Fokus penelitian dalam masalah skripsi ini adalah 1) Bagaimana metode pembelajaran Qoidati dalam meningkatkan pemahaman membaca kitab kuning peserta didik di MTs Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) apa faktor penghambat dan pendukung dalam metode pembelajaran Qoidati dalam meningkatkan pemahaman membaca kitab kuning peserta didik di MTs Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan metode pembelajaran Qoidati dalam meningkatkan pemahaman membaca kitab kuning peserta didik di MTs Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pemahaman membaca kitab kuning peserta didik di MTs Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) metode pembelajaran Qoidati dalam meningkatkan pemahaman membaca kitab kuning peserta didik di MTs Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017 terdiri dari empat metode yaitu: a) metode ceramah b) hafalan c) sorogan d) tanya jawab. Dengan mengunakan beberapa metode tersebut peserta didik menjadi lebih aktif sehingga pembelajaran berjalan dengan lancar dalam memahami kitab kuning. 2) faktor penghambat dan faktor pendukung dalam metode pembelajaran Qoidati yaitu: a) faktor penghambatnya meliputi: ketika peserta didik terlalu malas dalam menghafal, kurang semangat, mudah putus asa, dan b) faktor pendukungnya meliputi: adanya kitab atau buku, adanya motivasi dari ustadz maupun ustdzah agar peserta didik bisa bersemangat dalam pembelajaran memahami kitab kuning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:51
Last Modified: 04 Apr 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21660

Actions (login required)

View Item View Item