Peran Keluarga dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama pada Anak di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun 2016.

Hasanah, Elok Bariyatul (2017) Peran Keluarga dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama pada Anak di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Bariyatul Hasanah_ 084131065.pdf

Download (36MB)

Abstract

Desa Sukoreno merupakan sebuah Desa yang tidak hanya memeluk agama Islam saja, melainkan juga terdapat penduduknya yang beragama Hindu dan Katolik. Hal ini menjadi fakta menarik sekaligus menjadi aspek yang penting dalam kehidupan masyarakat saat ini, karena secara tidak langsung sikap dan perilaku toleransi yang dimiliki oleh masyarakat Desa Sukoreno akan menjadi contoh yang baik bagi anak-anak mereka, serta dalam penanaman sikap toleransi beragama dapat berjalan dengan baik apabila di terapkan pola asuh yang tepat dalam lingkungan keluarga, sehingga dapat membawa dampak yang baik bagi perkembangan anak di masa mendatang. Fokus masalah yang diteliti yaitu: 1) Bagaimana peran keluarga dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada anak di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi keluarga dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada anak di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskribsikan peran keluarga dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada anak di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. 2) Mendeskribsikan faktor pendukung dan penghambat bagi keluarga dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada anak di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Dalam mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, menganalisis peran keluarga dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada anak di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara yang dilakukan keluarga dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada anak di Desa Sukoreno adalah dengan menanamkan ajaran keagamaan, serta memberikan kebebasan kepada anak untuk berinteraksi dan bergaul antar umat agama. Sehingga anak mampu mengetahui perbedaaan agama yang terjadi di tempat tinggalnya dan mengetahui cara menghargai antar umat beragama agar tidak pernah terjadi konflik beragama. Perlu di ketahui dengan adanya perbedaan dalam menganut agama di Desa Sukoreno, tidak menjadikan sebagai penghambat bagi keluarga dalam menanamkan sikap toleransi beragama kepada anak-anaknya, bahkan dalam perbedaan ini dapat menjadikan suatu pendukung untuk lebih mempererat, mempertahankan dan menjaga kerukunan yang diharapkan tidak akan pernah terjadi konflik antar umat beragama. Keyword: Peran Keluarga, Sikap Toleransi Beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:52
Last Modified: 04 Apr 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21661

Actions (login required)

View Item View Item