Peran Guru PAI Prespektif Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Dalam Pembinaan Budi Pekerti Siswa Di SMP Islam An-Nur Haji Alwi Kec. RambipujiKab. Jember. Tahun Pelajaran 2016/2017.

Gozali, Imam (2017) Peran Guru PAI Prespektif Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Dalam Pembinaan Budi Pekerti Siswa Di SMP Islam An-Nur Haji Alwi Kec. RambipujiKab. Jember. Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imam Gozali_084128018.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan pada umumnya tidak bisa terlepas dari kegiatan proses belajar mengajar, di dalam pendidikan mengandung serangkaian hubungan timbal balik antara pendidik (guru) dan anak didik (murid) yang berlangsung untuk mencapai tujuan tertentu. Proses belajar mengajar mempunyai arti yang lebih luas, tidak hanya berarti menyampaikan pesan berupa materi pelajaran atau ketrampilan, melainkan penanaman budipekerti. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian daris kripsi ini adalah: 1). Bagaimana Peran keilmuan guru PAI dalam Pembinaan budipekerti siswa di SMP Islam An-NurHA Rambipuji.? 2). Bagaimana Peran kepribadian guru PAI dalam Pembinaan budipekerti siswadi SMP Islam An-Nur HA Rambipuji? 3). Bagaimana Peran ketrampilan guru PAI dalam Pembinaan budipekerti siswa di SMP Islam An-NurHA Rambipuji? Adapun tujuan penelitiannya adalah: 1). Untuk mendiskripsikan Peran keilmuan guru PAI dalam Pembinaan budipekerti siswa di SMP Islam An-NurHA Rambipuji 2). Untuk mendiskripsikan Peran kepribadian guru PAI dalam Pembinaan budipekerti siswadi SMP Islam An-Nur HA Rambipuji3). Untuk mendiskripsikan Peran ketrampilan guru PAI dalam Pembinaan budipekerti siswadi SMP Islam AnNur HA Rambipuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif diskriptif dengan jenis teknik lapangan. Adapun penentuan subjek penelitian menggunakan purposivesampling. Dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis data. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik serta triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Peran keilmuan guru PAI dalam pembinaan budipekerti siswa adalah dalam mencerdaskan siswanya perlu dikaitkan dengan motivasi guru yang selalu memberikan dukungan kepada siswanya dalam menuntutilmu, utamanya dalam bidang ilmu agama dan ilmu akhlak. 2). Peran kepribadian guru PAI dalam pembinaan budi pekerti siswa adalah Peran guru terhadap siswanya mempunyai pengaruh dalam segala gerak geriknya semisal pemikiran, ucapan, tingkah lakunya hal ini menyebabkan kepribadian guru adalah sebagai contoh/tauladan bagi siswanya. 3). Peran ketrampilan guru PAI dalam pembinaan budi pekerti siswa guru adalah bimbingan dalam proses pembelajaran budi pekerti dapat melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat positif seperti menulis karya ilmiah, membaca teks arab dan teks inggris serta di imbangi dengan budi pekerti yang baik sehingga mampu memberikan gambaran kepada siswa demi mewujudkan cita-citanya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:51
Last Modified: 04 Apr 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21667

Actions (login required)

View Item View Item