Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam Kitab Ayyuhal Walad Karya Syeikh Hujjatul Islam al-Ghazali di Pondok Pesantren Mambaul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi.

Sa'adah, Imroatus (2017) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam Kitab Ayyuhal Walad Karya Syeikh Hujjatul Islam al-Ghazali di Pondok Pesantren Mambaul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imroatus Sa’adah_084121129.pdf

Download (13MB)

Abstract

Diera Globalisasi ini yang dipicu oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, membawa serta perubahan-perubahan cara berpikir, cara menilai, cara menghargai hidup dan kenyataan. Kondisi demikian membawa kekaburan nilai yang ada, dan kekaburan dimensi nilai yang sebenarnya selalu ada dalam proses perkembangan dan perubahan masyarakat, serta dalam pribadi seseorang. Dipondok pesantren juga begitu berbagai ilmu sudah diajarkan, tapi ada sebagian yang kurang mengamalkan apa yang telah dipelajari, dan banyak juga menerapkan apa yang telah dipelajari, bahkan di setiap mata pelajaran yang diajarkan selalu berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan Islam, tapi masih ada sebagian yang kurang menerapkan apa yang telah dipelajarinya.Dari latar belakang yang telah dipaparkan diatas tersebut peneliti ingin mengambil judul penelitian” Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang Terkandung dalam Kitab Ayyuhal Walad karya Syeikh Hujjatul Islam al-Ghazali di Pondok Pesantren Mambaul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun 2016 ”. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana Implementasi Nilai-nilai pendidikan Akidah yang terkandung dalam kitab Ayyuhal Walad karya Syeikh Hujjatul Islam al-Gahzali di Pondok Pesantren Mambaul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun 2016? 2)Bagaimana Implementasi Nilai-nilai pendidikan Ibadah yang terkandung dalam kitab Ayyuhal Walad karya Syeikh Hujjatul Islam al-Gahzali di Pondok Pesantren Mambaul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun 2016? 3)Bagaimana Implementasi Nilai-nilai pendidikan Akhlak yang terkandung dalam kitab Ayyuhal Walad karya Syeikh Hujjatul Islam al-Gahzali di Pondok Pesantren Mambaul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun 2016?. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian field researd (penelitian lapangan), sedangkan subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan Snowballing Sampling yang meliputi Pengasuh Pondok Pesantren, Pengajar Kitab dan Santri. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview/wawancara dan dokumentasi, dengan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, sedangkan untuk melihat keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa; (1) Implementasi nilai pendidikan Akidah dari kitab Ayyuhal Walad adalah santri menerapkan dengan membaca Alqur’an, sholat tahajud, sholat tasbih, dzikir bersama, tahlil dan selalu mengabdi pada Allah.(2) Implementasi nilai pendidikan Ibadah dari kitab Ayyuhal walad adalah santri menerapkan tentang sholat berjamaah, puasa, zakat d pondok.(3)Implementasi nilai pendidikan Akhlak dari kitab Ayyuhal walad adalah menyangi yang lebih muda, menghormati yang lebih tua, tawakkal dan merawat semua ciptaan Allah serta menjaga kebersihan dan keindahan pondok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:52
Last Modified: 04 Apr 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21669

Actions (login required)

View Item View Item