Peranan Pesantren Nurul Islam dalam Meningkatkan Mutu Siswa Madrasah Aliyah Partelon Silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Basit, Abdul (2017) Peranan Pesantren Nurul Islam dalam Meningkatkan Mutu Siswa Madrasah Aliyah Partelon Silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Basit_084 121 355.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional yang mempunyai tugas penting untuk mencetak kader-kader pemimpin umat yang memiliki kualitas iman dan taqwa serta mutu ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai, oleh karena itu untuk menunjang keberhasilan pencapaian tugas mulia tersebut, perlu mendapatkan perhatian yang serius dari berbagai pihak termasuk pesantren. Dimana pesantren dituntut untuk mampu menyelenggarakan pola sistem pendidikan dan pengajaran dengan baik, sarana dan prasarana yang memadai dalam rangka meningkatkan mutu santrinya, baik dari segi mutu akademik dan mutu non akademik serta keagamaannya. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian yang diangkat peneliti adalah sebagai berikut : Pertama, Bagaimana Peranan Pesantren Nurul Islam dalam Meningkatkan Mutu Akademik siswa Madrasah Aliyah Partelon Silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Kedua, Bagaimana peranan pesantren Nurul Islam dalam meningkatkan Mutu Non Akademik siswa Madrasah Aliyah Silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Metode yang digunakan untuk menggali data dalam penelitian ini yaitu metode observasi partisipan dan non partisipan, interview, interview terstruktur dan interview tidak terstruktur dan dokumenter. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan landasan kerja fenomenologis. Sedangkan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik reflektif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman (1) Data Reduction,(2) data display, (3) conclusion drawing untuk memperoleh temuan dan kesimpulan. Adapun peranan pesantren Nurul Islam yang telah dilakukan dalam (1)Lembaga Pendidikan Islam, (2) berperan terhadap Lembaga Sosial Masyarakat dan Dakwah. Untuk meningkatkan mutu santrinya dengan mengembangkan aspek intelektual mutu akademik dan mutu non akademik dengan menumbuhkan bakat dan minat santri dalam bidang mutu akademik dan mutu non akademik untuk menciptakan suasana dialogis intelektualis dikalangan santri. Disamping itu juga dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan masyarakat diantaranya: Instrumental dan Fasilitator, Sumber Daya Manusia (SDM), yang meliputi iman, Islam dan ihsan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:52
Last Modified: 04 Apr 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21673

Actions (login required)

View Item View Item