Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Metode Latihan Teater Di Kebun Sanggar Bermain (KSB) Mumbul Sari Jember.

Arif, Abdul Rahman (2017) Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Metode Latihan Teater Di Kebun Sanggar Bermain (KSB) Mumbul Sari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Rahman Arif_084111175.pdf

Download (21MB)

Abstract

Rerealitas dunia pendidikan yang menuntut kita untuk semakin menggencarkan pentingnya pendidikan karakter karna maraknya kenakalan remaja pada saat ini dan yang lainnya. dalam menanamkan pendidikan karakter bayak pendekatan serta metode yang di pakai, salah satunya melalui pedekatan budaya seperti metode latihan teater. Kebun sanggar bermain Mumbul Sari Jember adalah lembaga nonformal yang menanamkan ninil-nilai karakter melalui metode latihan teater. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana penanaman nilai karakter cinta tanah air melalui metode latihan teater olah gerak di Kebun Sanggar Bermain (KSB) Mumbul Sari Jember? 2) bagaimana Penanaman nilai karakter religius melalui metode latihan teater olah suara di Kebun Sanggar Bermain (KSB) Mumbul Sari Jember?. 3) bagaimana Penanaman nilai karakter tanggung jab melalui metode latihan teater tehnik pemeranan di Kebun Sanggar Bermain (KSB) Mumbul Sari Jember? Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) penanaman nilai karakter cinta tanah air melalui metode latihan teater olah gerak di Kebun Sanggar Bermain (KSB) Mumbul Sari Jember. 2) Penanaman nilai karakter religius melalui metode latihan teater olah suara di Kebun Sanggar Bermain (KSB) Mumbul Sari Jember. 3) Penanaman nilai karakter tanggung jab melalui metode latihan teater tehnik pemeranan di Kebun Sanggar Bermain (KSB) Mumbul Sari Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini di Kebun Sanggar Bermain Mumbul Sari Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data menggunakan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.Penanaman nilai pendidikan karakter cinta tanah air melalui metode latihan teater olah gerak yang dilakukan di KSB, adalah olah gerak dengan cara berlatih tari dan beladiri tradisional. 2. Penanaman nilai pendidikan karakter religius melui metode latihan teater olah suara di Kebun Sanggar Bermain (KSB) Mumbul Sari Jember selain dengan metode AIUEO, hamming, bernyanyi, dan intonasi. KSB juga melatihnya dengan mengaji al-Qur’an dan bersholawat. 3. Penanaman nilai pendidikan karakter tanggung jawab melalui metode latihan teater teknik pemeranan di Kebun Sanggar Bermain (KSB) Mumbul Sari Jember dengan cara memberikan peran atau tanggung jawab seperti mengurus taman, mengajar TPQ, membuang sampah, mengurus burung dan lain sebagainya, yang bertujuan membiasakan diri dalam memainkan peran diatas panggung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:52
Last Modified: 04 Apr 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21675

Actions (login required)

View Item View Item