Peran Komite Sekolah Dalam Pengembangan Standar Mutu Lembaga Pendidikan di SD Negeri Suren 04 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Zainuddin HS., Ach. (2017) Peran Komite Sekolah Dalam Pengembangan Standar Mutu Lembaga Pendidikan di SD Negeri Suren 04 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACH. ZAINUDDIN HS_084 124 002.pdf

Download (21MB)

Abstract

Hubungan sekolah dengan masyarakat pada hakikatnya merupakan suatu kerjasama yang sangat berperan dalam membina dan mengembangkan pertumbuhan pribadi peserta didik di sekolah. Dalam hal ini, sekolah sebagai sistem sosial merupakan bagian integral dari sistem sosial yang lebih besar, yaitu masyarakat. Sekolah dan masyarakat memiliki hubungan yang sangat erat dalam mencapai tujuan sekolah atau pendidikan secara efektif dan efisien. Sebaliknya sekolah juga harus menunjang pencapaian tujuan atau pemenuhan kebutuhan masyarakat, khususnya kebutuhan pendidikan. Oleh karena itu, sekolah berkewajiban untuk memberi penerangan tentang tujuan-tujuan, programprogram, kebutuhan, serta keadaan masyarakat. Sebaliknya, sekolah juga harus mengetahui dengan jelas apa kebutuhan, harapan, dan tuntutan masyarakat, terutama terhadap sekolah. Dengan perkataan lain, antara sekolah dan masyarakat harus dibina suatu hubungan yang harmonis. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran komite Sekolah sebagi advisory agency dalam pengembangan standar mutu lembaga pendidikan di SD Negeri Suren 04 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, (2) Bagaimana peran komite sekolah sebagai supporting agency dalam pengembangan standar mutu lembaga pendidikan di SD Negeri Suren 04 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? dan (3) Bagaimana peran komite Sekolah sebagai controlyng agency dalam pengembangan standar mutu lembaga pendidikan di SD Negeri Suren 04 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran komite Sekolah sebagi advisory agency dalam pengembangan standar mutu lembaga pendidikan di SD Negeri Suren 04 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) Untuk mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai supporting agency dalam pengembangan standar mutu lembaga pendidikan di SD Negeri Suren 04 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 dan (3) Untuk mendeskripsikan peran komite Sekolah sebagai controlyng agency dalam pengembangan standar mutu lembaga pendidikan di SD Negeri Suren 04 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Datanya dianalisis menggunakan reflektif thinking, sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:53
Last Modified: 04 Apr 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21679

Actions (login required)

View Item View Item