Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Nuris Antirogo Jembe

Romadhoni, Moh. Gufron (2017) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Nuris Antirogo Jembe. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Gufron Romadhoni_084131478.pdf

Download (12MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai peran yang sangat besar, karena tidak hanya memberikan pelajaran agama saja terhadap para siswanya, akan tetapi juga menjadi panutan atau contoh bagi siswanya untuk membentuk karakter religius siswa, salah satunya yaitu memiliki akhlak yang mulia. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Nuris Antirogo Jember? (2) Bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Nuris Antirogo Jember? (3) Bagaimana peranan guru Pendidikan Agam Islam sebagai pembimbing dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Nuris Antirogo Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Agam Islam sebagai pengajar dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Nuris Antirogo Jember. (2) Untuk mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Agam Islam sebagai pendidik dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Nuris Antirogo Jember. (3) Untuk mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Agam Islam sebagai pembimbing dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Nuris Antirogo Jember. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan analisis deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Peranan guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pengajar di SMP Nuris Antirogo Jember adalah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang sudah di rencanakan sebelumnya dan mengevaluasi siswa melalui tiga aspek yaitu kogtitif afektif dan psikomotorik dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Nuris Antirogo Jember (2) Peranan guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pendidik di SMP Nuris Antirogo Jember adalah sebagai contoh yang baik bagi peserta didiknya dan menunjukkan sikap yang baik yang dapat dicontoh siswa dalam pembentukan karakter religius siswa. (3) Peranan guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing di SMP Nuris Antirogo Jember adalah membantu siswa dalam pembentukan karakter religius seperti memberi informasi, membantu kesulitan belajar siswa, baik dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:53
Last Modified: 04 Apr 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21682

Actions (login required)

View Item View Item