Pembelajaran Materi Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Kitab Qisshatul Mi’raj Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuhmencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Efendi, Arifin (2017) Pembelajaran Materi Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Kitab Qisshatul Mi’raj Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuhmencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARIFIN EFENDI_084 111 227.pdf

Download (39MB)

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang pertumbuhan dan perkembangan agama Islam dari awal sampai akhir zaman, sehingga siswa dapat mengenal dan meneladani tokohtokoh Islam serta mencintai agama. Adapun penekanannya yaitu pada kemampuan mengambil ibrah dan peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, IPTEK dan seni untuk mengembangkan kebudayaan dan peradapan Islam. Fokus Penelitian.1) Bagaimana perencanaan pembelajaran materi sejarah kebudayaan Islam melalui kitab qisshatul mi’raj di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuhmencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 ? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran materi sejarah kebudayaan Islam melalui kitab qisshatul mi’raj di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuhmencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 ? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran materi sejarah kebudayaan Islam melalui kitab qisshatul mi’raj di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuhmencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 ? Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dimana dalam penjabaran dari hasilpenelitian ini tidak berupa angka-angka tetapi bersifat ilmiah dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview dan dokumenter. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Milesan Huberman. Sedangkan analisis tersebut ialah: 1) reduksi data. 2) penyajian data. 3) penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data yang digunakan oleh peneliti ialah Triangulasi Tehnik dan Triangulasi Sumber. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut: 1) Perencanaan Pembelajaran Materi Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Kitab Qisshatul Mi’raj di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuh mencek Sukorambi Jember telah terlaksana dengan adanya perencanaan pembelajaran berupa tujuan, metode, dan media. Jadi guru dapat memperjelas sehingga guru mampu meninggkatkan potensi peserta didik. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Materi Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Kitab Qisshatul Mi’raj di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuhmencek Sukorambi Jember telah terlaksana dengan adanya pelaksanaan pre tes, proses (pembentukan kompetensi), dan post tes. Dengan demikian, proses pembelajaran berjalan dengan baik dan menyenangkan. 3) Evaluasi Pembelajaran Materi Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Kitab Qisshatul Mi’raj di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuhmencek Sukorambi Jember telah terlaksana dengan adanya evaluasi berupa ujian lisan dan tulis tangan. Jadi guru bisa mengetahui tingkat kemampuan dari berbagai masing-masing muridnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:53
Last Modified: 04 Apr 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21683

Actions (login required)

View Item View Item