Bina Ukhuwah Wathaniyah Dalam Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Wuluhan Cabang Jember Terhadap Karakter Pemuda

Walid, Mohammad Ainul (2017) Bina Ukhuwah Wathaniyah Dalam Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Wuluhan Cabang Jember Terhadap Karakter Pemuda. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Ainul Walid_084131400.pdf

Download (19MB)

Abstract

Pencak silat PSHT adalah suatu organisasi persaudaraan "perguruan" silat yang bertujuan mendidik dan membentuk manusia berbudi luhur,tahu benar dan salah, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengajarkan kesetiaan pada hati sanubari sendiri serta mengutamakan persaudaraan antar warga (anggota). Pada umumnya semua organisasi pencak silat lebih mengutamakan dari segi pencak silat,kesenian, dan prestasi. Akan tetapi di dalam ajaran – ajaran PSHT tersebut tidak hanya mengajarkan pencak silat, kesenian, dan prestasi tetapi juga mengajarkan tentang sebuah karakter anatara lain seperti tanggung jawab, rasa toleransi dan lain – lain. Selanjutnya mengenai ajaran – ajaran karakter tersebut banyak dukungan dan diterima oleh masyarakat di karenakan menuai hal positif terhadap ketentraman dan kemaslahatan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Bina Ukhuwah Wathaniyah dalam Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Wuluhan Cabang Jember terhadap tanggung jawab pemuda di Kecamatan Wuluhan? 2) Bagaimana bina ukhuwah Wathaniyah dalam Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Wuluhan Cabang Jember terhadap Toleransi pemuda di Kecamatan Wuluhan? Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) mendiskripsikan Bina Ukhuwah Wathaniyah dalam Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Wuluhan Cabang Jember terhadap tanggung jawab pemuda di Kecamatan Wuluhan. 2)mendiskripsikan Bina Ukhuwah Wathaniyah dalam Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Wuluhan Cabang Jember terhadap Toleransi pemuda di Kecamatan Wuluhan. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di padepokan PSHT Condrodimuko Wuluhan- Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu: (1) pembinaan tanggung jawab sudah jelas adanya dan bukti dari penanaman tanggung jawab sendiri memberikan hasil positif terhadap pemuda yang mengikuti latihan PSHT yang mana sebelum mengikuti latihan harus mendapat restu orang tua, bisa merubah perilaku yang buruk menjadi yang baik, (2) Pembinaan rasa toleransi sangat di tekankan dan bisa diterima oleh masayarakat sekitar seperti halnya menghormati perayaan hari raya agama, bersalaman, saling menyapa, berkunjung kepada anggota yang mendapat musibah, menghormati perbedaan suku, ras dan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:53
Last Modified: 04 Apr 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21690

Actions (login required)

View Item View Item