Metode Pembelajaran Kitab Fathul Mujib Al-Qarib dalam Pengajian Praktik Ibadah Wanita Lanjut Usia Di Yayasan Pondok Pesantren Dan Sosial Sayyidul Quro Garahan Silo Jember.

Isro'iyah, Ms (2017) Metode Pembelajaran Kitab Fathul Mujib Al-Qarib dalam Pengajian Praktik Ibadah Wanita Lanjut Usia Di Yayasan Pondok Pesantren Dan Sosial Sayyidul Quro Garahan Silo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Isro’iyah_084131282.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pengajian merupakan salah satu dakwah, apabila dilihat dari metode pembelajarannya efektif berguna menyebarkan agama Islam, dimana dengan mengikuti pengajian santri wanita lanjut usia dibimbing langsung oleh sang Kyai untuk senantiasa ingat kepada Allah demi terciptanya kehidupan bahagia dan sejahtera didunia dan akhirat. Melalui pembelajaran kitab Fathul Mujib Al-Qarib dalam pengajian praktik ibadah wanita lanjut usia ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengamalan keagamaan dalam berbagai aspek kehidupan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana metode pembelajaran Kitab Fathul Mujib Al-Qarib dalam pengajian praktik ibadah mahdlah wanita lanjut usia di Yayasan Pondok Pesantren dan Sosial Sayyidul Quro Garahan Silo Jember?. 2) Bagaimana metode pembelajaran Kitab Fathul Mujib Al-Qarib dalam pengajian praktik ibadah ghairu mahdlah wanita lanjut usia di Yayasan Pondok Pesantren dan Sosial Sayyidul Quro Garahan Silo Jember?. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Fathul Mujib Al-Qarib dalam pengajian praktik ibadah wanita lanjut usia di Yayasan Pondok Pesantren dan Sosial Sayyidul Quro Garahan Silo Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Kitab Fathul Mujib Al-Qarib dalam praktik ibadah mahdlah dan ibadah ghairu mahdlah serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran Kitab Fathul Mujib Al-Qarib dalam pengajian praktik ibadah wanita lanjut usia di Yayasan Pondok Pesantren dan Sosial Sayyidul Quro Garahan Silo Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitiannya adalah: 1) Metode pembelajaran kitab Fathul Mujib Al-Qarib dalam pengajian praktik ibadah mahdlah wanita lanjut usia di Yayasan Pondok Pesantren dan Sosial Sayyidul Quro Garahan Silo Jember dengan metode pembelajaran: a) ceramah, b) tanya jawab, c) cerita dan kisah, d) pemecahan masalah, e) metode praktik (demonstrasi). 2) Metode pembelajaran kitab Fathul Mujib Al-Qarib dalam pengajian praktik ibadah ghairu mahdlah wanita lanjut usia di Yayasan Pondok Pesantren Dan Sosial Sayyidul Quro Garahan Silo Jember dengan metode pembelajaran: a) ceramah, b) tanya jawab, c) cerita dan kisah, d) pemecahan masalah, e) anjuran atau perintah, f) pembiasaan.3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Fathul Mujib Al-Qarib dalam pengajian praktik ibadah wanita lanjut usia di Yayasan Pondok Pesantren dan Sosial Sayyidul Quro Garahan Silo Jember yaitu faktor pendukungnya: a) Adanya fasilitas, sarana dan prasarana serta ala-alat peraga pembelajaran. b) Motivasi. c) Alokasi waktu pembelajaran. d) Lingkungan yang kondusif serta adanya interaksi antara santri (wanita lanjut usia) dengan kyai. e) Santri banyak yang tidak tahu membaca kitab. Faktor penghambatnya: a) Daya tangkap indera santri yang sudah berkurang, b) Jika pengajar berhalangan hadir tidak ada yang menggantikannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:53
Last Modified: 04 Apr 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21692

Actions (login required)

View Item View Item