Penerapan strategi everyone is teacher here pada mata pelajaran fiqh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karangharjo Silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Affandi, Muhammad (2017) Penerapan strategi everyone is teacher here pada mata pelajaran fiqh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karangharjo Silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Affandi_084121025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan dalam kehidupan sangat penting khususnya pada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang berakhlaqul karimah dan berpengetahuan yang luas di suatu lembaga pendidikan. Materi Fiqh merupakan salah satu mata pelajaran di Madrasah mempunyai peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam pembentukan akhlaq peserta didik yang sekarang ini sedang berada pada titik terendah dalam perkembangan masyarakat Indonesia. Kegagalan pendidikan agama Islam untuk membuat dan menciptakan peserta didik yang berkarakter atau berkepribadian Islami tidak terlepas dari aktor utama dalam proses pendidikan agama Islam di kelas, yakni kelemahan guru agama Islam dalam mengemas dan mendesain serta membawakan mata pelajaran ini kepada peserta didik. Dari uraian di atas, maka fokus penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan strategi everyone is teacher here pada mata pelajaran fiqh siswa kelas XI MA Al-Hidayah Karangharjo Silo Jember? Dengan sub fokus penelitian : a) Bagaimana langkah-langkah penerapan strategi everyone is teacher here pada mata pelajaran Fiqh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karang Harjo Silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? b) Bagaimana solusi guru mata pelajaran fiqh untuk mengatasi permasalahan yang ada didalam kelas? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam menentukan sumber data menggunakan purposive sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut: a) observasi, b) interview dan c) dokumenter. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dengan langkahlangkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu Di MA Al-Hidayah, dalam meningkatkan minat belajar mata pelajaran fiqh siswa kelas XI MA Al-hidayah ini dengan menggunakan strategi Everyone is Teacher Here dalam mengajar dengan langkah-langkah, pertama membagikan kertas kepada siswa, lalu siswa menulis pertanyaan pada kertas tersebut, setelah selesai membuat pertanyaan siswa tersebut membagikan kertas yang sudah ada pertanyaannya kepada temannya, lalu teman yang mendaptkan pertanyaan menjawab, setelah selesai menjawab siswa lain yang tidak kebagian kertas yag berisikan pertanyaan dimita untuk menambahkan jawaban dari siswa yang mendapat kertas pertanyaan tersebut Hal ini dimaksudkan agar supaya peserta didik tidak jenuh lagi dalam belajar fiqh, dan strategi Everyone is Teacher Here bisa menjadi solusi atas permasalahan yang ada didalam kelas seperti malas belajar karna jenuh, bolos dan datang terlambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:53
Last Modified: 04 Apr 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21693

Actions (login required)

View Item View Item