Pembelajaran Risalah Adabul Mar’ah dalam pembinaan akhlak santriwati kelas v di pondok pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan tahun pelajar 2016/2017

Aini, Nur (2017) Pembelajaran Risalah Adabul Mar’ah dalam pembinaan akhlak santriwati kelas v di pondok pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan tahun pelajar 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Aini_084121104.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada hakekatnya satu-satunya harapan setiap muslim adalah kemenangan dan hidup bahagia. Hidup bahagia yang kita dambakan bukan saja bersifat pribadi, namun meliputi institusi kecil yaitu rumah tangga institusi besar dalam masyarakat dan negara. Berangkat dari latar belakang di atas peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian tentang pembelajaran Risalah Adabul Mar’ah dalam pembinaan akhlak santriwati kelas V di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan tahun pelajar 2016/2017. Sehingga dari masalah di atas peneliti merumuskan 1) Bagaimana pembelajaran Risalah Adabul Mar’ah dalam pembinaan akhlak santriwati kelas V kepada Allah SWT di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan? 2) Bagaimana pembelajaran Risalah Adabul Mar’ah dalam pembinaan akhlak santriwati kelas V kepada manusia di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan pembelajaran Risalah Adabul Mar’ah dalam pembinaan akhlak santriwati kelas V kepada Allah SWT di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan tahun pelajar 2016/2017. 2) Untuk mendiskripsikan pembelajaran Risalah Adabul Mar’ah dalam pembinaan akhlak santriwati kelas V kepada manusia di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan tahun pelajar 2016/2017. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah feeld Reseadh (Penelitian Lapangan). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan Milles and Huberman Interaktif dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Adapun hasil penelitian yang didapatkan bahwa (1) Pembelajaran Risalah Adabul Mar’ah dalam pembinaan akhlak santriwati kepada Allah SWT yang berupa ibadah, menghormati suami, to’at, tawaqal. Pembentukannya melalui pembinaan kebiasaan. (2) Pembelajaran Risalah Adabul Mar’ah dalam pembinaan akhlak santriwati kepada manusia yang berupa saling tolong menolong, sopan santun, sabar. Pembetukannya melalui kebiasaan dan tingkah laku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21695

Actions (login required)

View Item View Item