Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Nurul Hikmah Lombang Giligenting Sumenep Tahun Pelajaran 2016/2017.

A'yun, Qurrotul (2017) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Nurul Hikmah Lombang Giligenting Sumenep Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qurrotul A’yun_084121331.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebagai pendidikan yang berlabel agama, maka pendidikan agama Islam memiliki transmisi spiritual yang lebih nyata dalam proses pengajaran dibanding dengan pendidikan umum. Pendidikan Islam mempunyai keinginan yang kuat untuk mengembangkan keseluruhan aspek dalam diri anak secara berimbang, baik intelektual, imajinasi dan keilmiahan, kultural serta kepribadian karena itulah pendidikan Islam memiliki beban multi paradigma. Secara garis besar problematika yang dihadapi oleh pembelajaran Pendidikan Agama Islam bisa digolongkan menjadi dua. Pertama, permasalahan yang bersumber dari internal. Maksudnya adalah permasalahan yang muncul dari materi pendidikan agama Islam itu sendiri, karena materi dalam pendidikan agama Islam mayoritas berupa sesuatu yang abstrak. Kedua, permasalahan yang bersumber dari ekternal. Eksternal disini mencakup lingkungan, guru, siswa, dan sarana prasarana. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah problem siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Nurul-Hikmah Lombang Giligenting Sumenep Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimanakah problem guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Nurul-Hikmah Lombang Giligenting Sumenep Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimanakah problem sarana dan prasarana dalam pembelajaran Pendidikan agama islam di SMP Islam Nurul-Hikmah Lombang Giligenting Sumenep Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Problem Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Nurul Hikmah Lombang Giligenting Sumenep, meliputi: a. Problem motivasi; b. Problem kerajinan dan ketekunan; c. Problem lingkungan/pergaulan. (2) Problem guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Nurul Hikmah Lombang Giligenting Sumenep, diantaranya: a. Tidak menguasai materi disebabkan oleh: a. Tidak memiliki landasan yang kuat; b. Tingkat pendidikan yang tidak sesuai dengan bidangnya; c. Kurangnya kemampuan/keterampilan mengajar. (3) Problem Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Nurul Hikmah Lombang Giligenting Sumenep diantaranya: a. kurangnya ketersediaan media pembelajaran; b. kurangnya ketersediaan sumber belajar; c. kurangnya fasilitas yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21696

Actions (login required)

View Item View Item