Implementasi Pembelajaran Muatan Lokal SKUA Untuk Menunjang Pemahaman Fiqih Siswa Kelas XII di MAN Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018.

Mahmuda, Rifa'atul (2017) Implementasi Pembelajaran Muatan Lokal SKUA Untuk Menunjang Pemahaman Fiqih Siswa Kelas XII di MAN Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rifa’atul Mahmuda_084131331.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengelolaan pembelajaran di Madrasah bisa di katakan berhasil ketika peserta didik mampu memahami materi pembelajaran. Peran pendidik tentunya tidak akan lepas dalam proses pembelajaran serta dalam penerapan kurikulum. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Genteng Banyuwangi menerapkan kurikulum muatan lokal SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah), untuk menunjang pemahaman fiqih siswa. Pendidik menggunakan kitab fiqhul wadhih sebagai acuan utama dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaiman konsep perencanaan pembelajaran muatan lokal SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) untuk menunjang pemahaman fiqih siswa kelas XII di MAN Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pola pelaksanaan pembelajaran muatan lokal SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) untuk menunjang pemahaman fiqih siswa kelas XII di MAN Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana model evaluasi pembelajaran muatan lokal SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) untuk menunjang pemahaman fiqih siswa kelas XII di MAN Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penentuan subyek menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumenter. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang terdiri dari koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Konsep perencanaan pembelajaran muatan lokal SKUA yaitu sesuai dengan surat edaran kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Nomor.13 Tahun 2012, serta silabus dan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); 2) Pola pelaksanaan pembelajaran muatan lokal SKUA dalam pelaksanaan pembelajaran SKUA yaitu meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Bentuk evaluasi pembelajaran muatan lokal SKUA di MAN Genteng Banyuwangi adalah menggunakan evalusi tes lisan. Bentuk pelaksanaan evaluasi tes lisan adalah dengan membaca kitab fiqhul wadhih yang masih kosong (tanpa ma’na dan tanpa harokat).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21697

Actions (login required)

View Item View Item