Peran Pendidikan Aqidah dan Akhlak Bagi Anak dalam Keluarga Single Parent Dusun Galingan Desa Boreng Kecamatan Lumajang.

Mafrucha, Rizkah (2017) Peran Pendidikan Aqidah dan Akhlak Bagi Anak dalam Keluarga Single Parent Dusun Galingan Desa Boreng Kecamatan Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizkah Mafrucha_084121383.pdf

Download (6MB)

Abstract

Keluarga adalah wadah pertama dan utama bagi pertumbuhan dan perkembangan kepribadian anak. Islam mengajarkan pada orang tua agar selalu mengajarkan sesuatu yang baik kepada anak-anaknya. Karena, anak merupakan amanat dari Allah yang harus dijaga, dan berada di tangan orang tualah letak keberhasilan atau kegagalan pendidikan anak. Namun dalam hal ini, yang harus bertanggung jawab atas kelangsungan hidup dan pendidikan anak-anaknya adalah keluarga single parent atau orang tua yang mengasuh anaknya seorang diri yaitu ibu yang ditinggal mati oleh suaminya, ibu yang ditinggal bekerja di Luar Negeri, ibu yang dicerai oleh suaminya. Dari sini ibu harus berperan sebagai seorang ayah yang harus menghidupi dan melindungi anak-anaknya serta meluangkan waktu untuk memberikan pendidikan aqidah dan akhlak ketika anak di rumah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran pendidikan aqidah bagi anak dalam keluarga single parent di Dusun Galingan Desa Boreng Kecamatan Lumajang? 2) Bagaimana peran pendidikan akhlak bagi anak dalam keluarga single parent di Dusun Galingan Desa Boreng Kecamatan Lumajang? 3) Bagaimana kendala dalam peran pendidikan aqidah dan akhlak bagi anak dalam keluarga single parent di Dusun Galingan Desa Boreng Kecamatan Lumajang?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran pendidikan aqidah bagi anak dalam keluarga single parent di Dusun Galingan Desa Boreng Kecamatan Lumajang. 2) Untuk mendeskripsikan peran pendidikan akhlak bagi anak dalam keluarga single parent di Dusun Galingan Desa Boreng Kecamatan Lumajang. 3) Untuk mendeskripsikan kendala peran pendidikan aqidah dan akhlak bagi anak dalam keluarga single parent di Dusun Galingan Desa Boreng Kecamatan Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan subjek penelitiannya menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber serta analisa datanya menggunakan deskriptif reflektif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Bahwasanya pendidikan aqidah bagi anak dalam keluarga single parent dikatakan baik dilihat dari segi hablumminallah, karena anak mampu mengaplikasikan keimanan dan kepercayaan terhadap Allah yakni dengan cara: a) sholat berjamaah, mengaji. b) disiplin dalam beribadah. c) berhati-hati dalam bertindak. 2) Bahwasanya pendidikan akhlak bagi anak dalam keluarga single parent dikatakan baik dilihat dari segi hablumminannas, diantaranya: a) saling menghormati dan menghargai. b) berkata jujur. c) peduli terhadap sesama baik saudara, teman dan masyarakat sekitar. 3) Bahwasanya kendala dalam pendidikan aqidah dan akhlak bagi anak dalam keluarga single parent adalah tentang keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21699

Actions (login required)

View Item View Item