Penerapan Metode Qiraati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Markazul Islami Pattani Thailand Selatan.

Ismaae, Saadah (2017) Penerapan Metode Qiraati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Markazul Islami Pattani Thailand Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Saadah Ismaae_084131076.pdf

Download (6MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kalamullah sebagai pedoman hidup yang wajib kita pelajari. Allah telah menurunkan sebagai kebutuhan manusia agar hidup bahagia. Membacanya merupakan materi paling utama yang harus diajarkan kepada seseorang sejak dini. Beragam metode pembelajaran digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar, pembelajaran al-Qur’an khususnya. Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik agar sesuai dengan kaidah yang ada. Salah satu dari sekian banyak metode tersebut adalah metode qiraati. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Ma’had Al-Markazul Islami Pattani Thaiand selatan?, 2) Bagaimana evaluasi metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Ma’had Al-Markazul Islami Pattani Thailand Selatan?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Ma’had Al-Markazul Islami Pattani Thailand Selatan, 2) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Ma’had Al-Markazul Islami Pattani Thailand Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis deskriptif analisis. Penentuan informan menggunakan proposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan, interview bebas terpimpin, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: bahwa penerapan metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Ma’had Al-Markazul Islami Pattani Thailand Selatan dikatakan lebih efektif jika dibandingkan dengan sebelum menerapkan metode qiraati ini. Peneliti menyimpulkan: 1) Dalam Pelaksanaannya, metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca alQur’an ini tidak bisa terlepas dari beberapa komponen metode qiraati seperti amanah, buku panduan, materi, metodologi yang sesuai dengan aturan/teori qiraati pusat, hanya prinsip dasar yang kurang dilaksanakan dengan baik. 2) Evaluasi dalam pelaksanaan metode qiraati meliputi 3 jenis tes kemampuan: a) tes pelajaran, b) tes kenaikan jilid, c) tes khatam al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item View Item