Pembelajaran Kitab Sullam Taufiq Sebagai Upaya Penguatan Pemahaman Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Susilowati, Santi (2017) Pembelajaran Kitab Sullam Taufiq Sebagai Upaya Penguatan Pemahaman Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Santi Susilowati_084121255.pdf

Download (1MB)

Abstract

Era globalisasi yang ditandai dengan persaingan kualitas dan mutu, menuntut semua pihak dalam lembaga pendidikan untuk senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini semakin terlihat jelas dengan munculnya berbagai persoalan yang terjadi dalam dunia pendidikan, seperti halnya yang terjadi di SMP NURIS Jember antara lain guru cenderung mengutamakan pencapaian target dari pada penguasaan materi pada siswa dan ada beberapa guru yang masih tetap menggunakan cara yang monoton dalam menyampaikan materi. Dengan begitu maka adanya pembelajaran kitab sullam taufiq dirubah tujuannya sebagai bentuk penguatan (pemantapan) pemahaman pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini pada hasil akhirnya diharapkan mampu memberikan pengetahuan yang luas pada siswa berkenaan dengan materi keagamaan, terutama materi yang berkaitan dengan PAI. Dari uraian di atas terdapat 3 fokus penelitian yaitu: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab sullam taufiq sebagai upaya penguatan pemahaman mata pelajaran PAI di SMP NURIS Jember tahun pelajaran 2016/2017?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab sullam taufiq sebagai upaya penguatan pemahaman mata pelajaran PAI di SMP NURIS Jember tahun pelajaran 2016/2017?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab sullam taufiq sebagai upaya penguatan pemahaman mata pelajaran PAI di SMP NURIS Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab sullam taufiq sebagai upaya penguatan pemahaman mata pelajaran PAI di SMP NURIS Jember tahun pelajaran 2016/2017, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab sullam taufiq sebagai upaya penguatan pemahaman mata pelajaran PAI di SMP NURIS Jember tahun pelajaran 2016/2017, (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab sullam taufiq sebagai upaya penguatan pemahaman mata pelajaran PAI di SMP NURIS Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Hasil musyawarah dan koordinasi yang telah dilakukan ketika perencanaan dibentuk kedalam bentuk Silabus dan RPP yang ditujukan untuk membantu siswa mencapai pengetahuan yang maksimal, (2) Pelaksanaannya dilakukan dengan metode ceramah dan strategi CTL, disamping itu beberapa materinya memiliki keterkaitan dengan PAI, (3) evaluasi dilakukan dengan 2 tahap melalui pemberian soal-soal yang bisa dijawab secara spontan serta pelaksanaan UTS dan UAS sehingga guru dapat menentukan langkah selanjutnya dari hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21701

Actions (login required)

View Item View Item