Kontribusi Tradisi Mujahadah Usbu’iyah dalam Meningkatkan Kecerdasan Ruhani Jamaah Wahidiyah di Menampu Gumukmas Kabupaten Jember Tahun 2016. Pembimbing: Bani, M.Pd.I.

Muqowwimah, Siti (2017) Kontribusi Tradisi Mujahadah Usbu’iyah dalam Meningkatkan Kecerdasan Ruhani Jamaah Wahidiyah di Menampu Gumukmas Kabupaten Jember Tahun 2016. Pembimbing: Bani, M.Pd.I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Muqowwimah_084111275.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tradisi Mujahadah Usbu’iyah merupakan sebuah tradisi dalam masyarakat Wahidiyah. Mujahadah Usbu’iyah sesuai namanya diadakan setiap satu minggu dan diikuti oleh para pengamal sholawat Wahidiyah. Kondisi lingkungan di desa Menampu, Gumukmas terdapat jamaah Wahidiyah yang jumlahnya minoritas. Sehingga religiusitas dan kecerdasan ruhani jamaahnya masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Oleh karena itu, jamaah ini memerlukan suatu wadah/majlis dalam rangka meningkatkan hal tersebut serta untuk mengembangkan ajaranya. Mujahadah Usbu’iyah yang diadakan setiap satu minggu sekali ini tentunya berkontribusi cukup besar dalam mewujudkan hal tersebut. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana kontribusi Mujahadah Usbu’iyah dalam meningkatkan kecerdasan ruhani jamaah wahidiyah dari sudut pandang hubungan dengan Allah? 2) Bagaimana kontribusi Mujahadah Usbu’iyah dalam meningkatkan kecerdasan ruhani jamaah wahidiyah dari sudut pandang hubungan antar sesama Jamaah Wahidiyah? 3) Bagaimana kontribusi Mujahadah Usbu’iyah dalam meningkatkan kecerdasan ruhani jamaah wahidiyah dari sudut pandang hubungan dengan sesama manusia secara umum? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kontribusi Mujahadah Usbu’iyah dalam meningkatkan kecerdasan ruhani jamaah wahidiyah dari sudut pandang hubungan dengan Allah. 2) Untuk mendeskripsikan kontribusi Mujahadah Usbu’iyah dalam meningkatkan kecerdasan ruhani dari sudut pandang hubungan antar sesama Jamaah Wahidiyah. 3) Untuk mendeskripsikan kontribusi Mujahadah Usbu’iyah dalam meningkatkan kecerdasan ruhani dari sudut pandang hubungan dengan sesama manusia secara umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan: observasi, interview, dan dokumenter. Informannya adalah ketua pengurus,, tokoh dan Pengamal sholawat Wahidiyah. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1) Kontribusi mujahadah usbu’iyah dalam meningkatkan kecerdasan ruhani jamaah Wahidiyah dari sudut pandang hubungan dengan Allah adalah dengan membaca bersama dan berulang-ulang sholawat dan dzikir sehingga dapat meningkatkan iman dan taqwa. 2) Kontribusi mujahadah usbu’iyah dalam meningkatkan kecerdasan ruhani dari sudut pandang hubungan antar sesama jamaah adalah dengan cara membudayakan jabat tangan dan salam, mengadakan “dana box” dan kuliah Wahidiyah. 3) kontribusi mujahadah usbu’iyah dalam meningkatkan kecerdasan ruhani dari sudut pandang hubungan dengan sesama manusia secara umum adalah dengan memberikan mau’idhoh hasanah tentang akhlak mahmudah dan pentingnya menjain hubungan baik dengan sesama manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21702

Actions (login required)

View Item View Item