Nilai-nilai Pendidikan Pesantren Melalui Tradisi Ro’an di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.

Zulaihah, Dewi (2017) Nilai-nilai Pendidikan Pesantren Melalui Tradisi Ro’an di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWI ZULAIHAH_084 121 269.pdf

Download (23MB)

Abstract

Pendidikan tidak hanya sebagai sarana untuk memperoleh pengetahuan. Akan tetapi, pendidikan adalah salah satu sarana untuk menumbuh kembngkan segala potensi yang ada dalam diri peserta didik sehingga mewujudkan pribadi yang cerdas, kreatif dan berakhlak mulia. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan nilai-niai pendidikan tradisi ro’an di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi? 2) Bagaimana tujuan yang ingn dicapai dalam pengembangan tradisi ro’an di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi? 3) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan ro’an dalam tradisi pembinaan karakter santri di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi? Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Mendiskripsikan pelaksanaan nilai-niai pendidikan tradisi ro’an di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. 2) Mendiskripsikan tujuan yang ingn dicapai dalam pengembangan tradisi ro’an di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. 3) Mendiskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan ro’an dalam tradisi pembinaan karakter santri di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan dalam penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan interaktif model Bogdan dan Biklen yang dikutip dari Maleong dan Miles dan Hubermas, melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini, 1) pelaksanaan nilai-nilai tradisi ro’an meliputi pelaksaan pendidikan pesantren, nilai-nilai pendidikan dalam tradisi. 2) tujuan pengembangan tradisi pesantren, meliputi proses pengembangan tradisi ro’an kemudian hasil yang dicapai dalam pengembangan tradisi ro’an. 3) relevansi Nilai-nilai pendidikan ro’an dalam tradisi pembinaan karakter santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21706

Actions (login required)

View Item View Item