Problematika Siswa dalam Memahami Mata Pelajaran AlQur’an Hadits di Kelas VII MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember.

Lestai T, Dian (2017) Problematika Siswa dalam Memahami Mata Pelajaran AlQur’an Hadits di Kelas VII MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DIAN LESTARI T_084111318.pdf

Download (62MB)

Abstract

Al-Qur’an Hadits merupakan sebuah mata pelajaran dari rumpun PAI yang di dalamnya mempelajari tentang bacaan Al-Qur’an dan hadits Rasulullah SAW. AlQur’an Hadits pada tingkat Madrasah Tsanawiyah kelas VII adalah tingkat pemula peserta didik untuk mempelajari Al-Qur’an dan Hadits dari sekolah dasarnya sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Selain faktor sekolah dasar juga ada faktor lain yang perlu diperhatikan yaitu minat siswa terhadap AlQur’an Hadits, lingkungan keluarga, dan masyarakat yang mendukung. Fokus penelitian ini yaitu: 1) apa problematika yang dihadapi siswa dalam memahami mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas VII MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember?, 2)apa faktor-faktor penghambat bagi siswa dalam memahami mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember?, dan 3)bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika siswa dalam memahami mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan problematika yang dihadapi siswa dalam memamahami mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember, 2) mendeskripsikan faktor penghambat bagi siswa dalam memahami mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember, dan 3) mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi problematika siswa dalam memahami mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan tri anggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini yaitu: 1) problematika yang dihadapi siswa adalah pengalaman belajar siswa yang berasal dari sekolah dasar tanpa tambahan pendidikan tambahan masih kurang, tidak ada minat siswa dan motivasi diri sendiri, teman, keluarga, dan masyarakat untuk mempelajari Al-Quran Hadits. 2)Faktor penghambat bagi siswa dalam memahami mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu latar belakang sekolah dasar yang tidak mendapatkan pendidikan tambahan selain dari sekolah, motivasi diri yang rendah dan keluarga yang memasrahkan pendidikan kepada sekolah tanpa ada pengawasan di rumah, orang tua sibuk dan keluarga yang tidak mendukung belajar siswa, dan materi yang rinci dengan bahasa yang belum dipahami oleh siswa untuk memahami Al-Qur’an Hadits. 3) Upaya guru dalam mengatasi problematika siswa yaitu dengan metode tutor sebaya, memberikan media yang dapat meningkatkan minat siswa dan membantu menunjang siswa dalam memahami materi, pembelajaran secara privat antara guru dan murid secara mandiri sehingga siswa dapat fokus, guru membuat buku penghubung agar orang tua lebih mudah dalam memantau kondisi siswa, guru melakukan konseling dengan cara mengamati masalah siswa, mendiagnosa jenis kesulitannya dan melakukan treatment solusi serta mengevalusi sejauh mana perubahan perilaku siswa dengan treatment yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21708

Actions (login required)

View Item View Item