Internalisasi Nilai- Nilai Pendidikan Agama Islam Oleh Guru PAI Untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun 2017/2018.

Puspasari, Dina (2017) Internalisasi Nilai- Nilai Pendidikan Agama Islam Oleh Guru PAI Untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dina Puspasari_084131147.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sebagai umat Islam diharapkan untuk bertoleransi artinya diwajibkan untuk menghormati dan menghargai agama lain agar tetap saling menghormati dan menghargai agama lain agar tetap harmonis dan berdampingan tanpa harus membeda- bedakan satu sama lain. Di SMP Negeri 1 Jenggawah ada sebagian siswa yang beragama non muslim. Dengan banyaknya siswa dari berbagai daerah yang sekolah di SMP Negeri 1 Jenggawah baik itu dari segi etnis agama, etnis, daerah, dan lain sebagainya saling berdampingan secara harmonis tanpa menghalang untuk hidup saling bertoleran di tengah perbedaan yang ada. Fokus penelitian yang dirumuskan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana internalisasi nilai- nilai pendidikan agama Islam pada aspek Akhlak untuk menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana internalisasi nilai- nilai pendidikan agama Islam pada aspek Ibadah untuk menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi nilai- nilai pendidikan agama Islam pada aspek Akhlak untuk menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Ajaran 2017/2018 (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi nilai- nilai pendidikan agama Islam pada aspek Ibadah untuk menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Ajaran 2017/2018 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar beakang di SMP Negeri 1 Jenggawah. Peneliti menggunakan Pendekatan dan jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Pemeriksaan Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Internalisasi nilai- nilai pendidikan agama Islam pada aspek akhlak yaitu dengan bertutur sapa dan berperilaku menghargai sesama teman serta saling menghormati antara sesama teman. Menghargai perbedaan agama yang ada di sekeliling kita merupakan cara ampuh untuk mengatasi kerukunan antar umat beragama. Selain itu komunikasi yang baik antar umat beragama juga merupakan cara yang efektif dalam membina kerukunan antar umat beragama. (2) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada aspek ibadah untuk menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2017/2018 dilaksanakan dengan sholat berjamaah dhuhur, sholat dhuha, istighosah bersama, dan santunan anak yatim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21710

Actions (login required)

View Item View Item