Komparasi Akhlak Siswa Non Pesantren dan pesantren di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Khoiriyatil Islamiyah BangsalsariJember Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jember: IAIN Jember.

Syamsiah, Wahyu Nun (2017) Komparasi Akhlak Siswa Non Pesantren dan pesantren di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Khoiriyatil Islamiyah BangsalsariJember Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jember: IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
wahyu Nun Syamsiah_084131172.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting sekali, baik secara individu maupun sebagai anggota masyarakat dan bangsa. Sebab jatuh dan bangunnya, jaya dan hancurnya, serta sejahtera dan rusaknya suatu bangsa dan masyarakat, tergantung kepada bagaimana akhlak bangsa itu.Apabila akhlaknya baik, akan sejahteralah suatu bangsa. Namun jika akhlaknya buruk, maka rusaklah bangsa tersebut. Fokus masalah dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana akhlak siswa yang berlatar belakang non pesantren Di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari-Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Bagaimana akhlak siswa yang berlatar belakang pesantren Di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari-Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Apakah ada perbedaan akhlak siswa yang berlatar belakang non pesantren dan siswa yang berlatar belakang pesantren Di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari-Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan komparasi akhlak siswa non pesantren dan pesantren. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan untuk mendapatkan data mengenai penelitian ini peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, interview dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, data yang kemudian dianalisa menggunakan analisa deskriptif kualitatif adalah data yang dikumpulkan dari beberapa kata dan gambar. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Akhlak siswa yang berlatar belakang pesantren di MTs Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bnagsalsari-Jember tahun pelajaran 2016/2017 siswa yang berlatar belakang pesantren lebih baik, sopan baik dalam bertutur kata dan tingkah laku kepadaa guru dalam kesehariannya. Tidak hanya kepada guru siswa yang berlatar belakang pesantren juga berperilaku sopan kepada orangtua dan masyarakat sekitar pesantren. Sedangkan siswa yang berlatar belakang non pesntren disini mempunyai akhlak yang kurang baik atau akhlak madzmumah kepada guru, orang tua maupun sesama teman. Itu semua Karena meraka berada pada lingkungan luar pesantren. Lingkungan bisa mempengaruhi akhlak yang ada pada diri sesorang, dan kurangnya pantauan orang tua dan kasih sayang bisa menyebabkan akhlak madzmumah pada pribadi anak. Perbedaan tingkah laku siswa nonpesantren dan pesantren yaitu kepada guru, orangtua dan masyarakat di sekitar pesantren. Pada saat bertutur kata atau adab yang baik maupun buruk lainnya. Siswa yang berada di lingkungan pesantren selalu melakukan akhlak mahmudah sedangkan siswa yang berlatar belakang nonpesantren selalu melakukan akhlak madzmumah itu semua karena factor lingkungan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:55
Last Modified: 04 Apr 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21716

Actions (login required)

View Item View Item