Pelaksanaan Program Tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Azizah, Laily Nur (2017) Pelaksanaan Program Tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laily Nur Azizah_084 131 142.pdf

Download (113MB)

Abstract

Adanya pendidikan agama dapat membedakan mana pergaulan yang baik dan mana yang buruk sehingga terbentuknya manusia berkepribadian muslim. Hal ini ditemukan pada usia sekolah dasar sudah mengenal minuman keras dan pornagrafi. Dikarenakan dampak dari globalisasi dan pendidikan orang tua minim.Untuk mengatasi hal tersebut, di Sekolah Dasar Islam Terpadu AtTaqwa Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember mempunyai program tahfizh yaitu untuk membekali dalam pendidikan agama. Dengan adanya kegiatan tersebut, anak disibukkan dengan aktivitas menghafal sehingga meminimalisir melakukan hal-hal yang menyimpang. Fokus penelitian 1) Apakah tujuan pelaksanaan program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa? 2) Bagaimana materi program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa? 3) Bagaimana metode pelaksanaan program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa? 4) Bagaimana evaluasi pelaksanaan program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu AtTaqwa? Tujuan Penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui tujuan pelaksanaan program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa 2) Untuk mengetahui materi pelaksanaan program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa 3) Untuk mengetahui metode pelaksanaan program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa Jember 4) Untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa. Pendekatan menggunakan kualitatif deskriptif, jenis penelitian lapangan. Subyek penelitian teknik purposive. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman,langkah-langkahnya: reduksi data, data display dan kesimpulan /verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitiannya: 1) Tujuan pelaksanaan program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa adalah mendidik akhlak dan jiwa peserta didik, mempersiapkan untuk menuju kehidupan yang lebih baik, membiasakan membaca dan menghafal sejak dini, menanamkan rasa keutamaan al-Qur’an 2) Materi pelaksanaan program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa yaitu materi tahfizh al-Qur’an yang terdiri dari 2 juz yaitu juz 29 dan 30. Adapun materi tahfizh hadis terdiri 85 dan tahfizh doa 67 tentang pola kehidupan seharihari 3) Metode pelaksanaan program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu AtTaqwa yaitu metode muroja’ah, metode kitabah, jama’, al-Qosimi, Wahdah, takrir dan talaqqi 4) Evaluasi pelaksanaan program tahfizh di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa yaitu evaluasi diagnostik, evaluasi formatif dan evaluasi sumatif dengan menggunakan metode takrir dan muroja’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:55
Last Modified: 04 Apr 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21724

Actions (login required)

View Item View Item