Metode Pembelajaran Nubdzatul Bayan Dalam Meningkatkan Akselerasi Baca Kitab Kuning Fathul Qorib Di Madrasah Tsanawiyah Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017.

Mufida, Miftahul (2017) Metode Pembelajaran Nubdzatul Bayan Dalam Meningkatkan Akselerasi Baca Kitab Kuning Fathul Qorib Di Madrasah Tsanawiyah Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Mufida_084 131 255.pdf

Download (5MB)

Abstract

Metode Pembelajaran Nubdzatul Bayan dalam meningkatkan akselerasi baca kitab kuning Fathul Qorib di Madrasah Tsanawiyah Darul Lughah Wal Karomah sudah menjadi program di Madrasah Tsanawiyah untuk mencerdaskan santri agar bisa membaca kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan dengan sempurna. Pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan dalam meningkatkan akselerasi baca kitab kuning di Madrasah Tsanawiyah Darul Lughah Wal Karomah setiap hari dilaksanakan untuk mempercepat baca kitab kuning, dalam pembelajarannya menggunakan metode yang bervariasi agar proses pembelajaran santri tidak merasa bosan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana metode pembelajaran Nubdzatul Bayan dalam meningkatkan akselerasi baca kitab kuning Fathul Qorib di Madrasah Tsanawiyah Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo Tahun pelajaran 2016/2017?, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran Nubdzatul Bayan dalam meningkatkan akselerasi baca kitab kuning Fathul Qorib di Madrasah Tsanawiyah Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan kabupaten tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan metode pembelajaran Nubdzatul bayan dalam meningkatkan akselerasi baca kitab kuning Fathul Qorib, 2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan pengambat metode pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan dalam meningkatkan akselerasi baca kitab kuning Fathul Qorib. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Metode analisis data secara interaktif, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: 1) Metode Pembelajaran Nubdzatul Bayan dalam meningkatkan akselerasi baca kitab kuning Fathul Qorib di Madrasah Tsanawiyah Darul Lughah Wal Karomah ada beberapa metode yaitu: sorogan, ceramah, tanya jawab, dan grammar mhetod, dengan metode tersebut membuat santri cepat memahami dan mengerti pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan. 2) Faktor pendukung dan penghambat Metode Pembelajaran Nubdzatul Bayan dalam meningkatkan akselerasi baca kitab kuning Fathul Qorib di Madrasah Tsanawiyah Darul Lughah Wal Karomah yaitu: a) Faktor pendukung: media visual dan keterampilan guru dalam mengajar, b) Faktor penghambat: Faktor sosial, faktor minat dari siswa dan daya hafalannya kurang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:55
Last Modified: 04 Apr 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21726

Actions (login required)

View Item View Item